PENGARUH METODE ESTAFET WRITING (MENULIS BERANTAI) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

NOVA NOVIANTI, . (2016) PENGARUH METODE ESTAFET WRITING (MENULIS BERANTAI) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 JAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nova.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode estafet writing (menulis berantai) dengan menggunakan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2015/2016. Semester kedua pada bulan Mei dikelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan prates dan pascates ( pratest and pascates design) dua kelompok. Uji fisher digunakan sebagai uji homogenitas. Dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 1,114 berdasarkan distribusi dengan dk= 21 dan taraf signifikasi 0,05 diperoleh Ftabel = 1,721, dari hasil tersebut diperoleh Fhitung Ftabel. Dengan demikian, populasi memiliki varians yang homogen. Berdasarkan perhitungan Uji-t, diperoleh thitung sebesar 2,585 pada dk= 42 dalam taraf signifikasi ( sebesar 0,05 sedangkan ttabel diperoleh melalui interpolasi sebesar 1,682, maka 2,585 > 1,682 sehingga hipotesis diterima. Rata-rata kemampuan menulis teks cerpen siswa kelas eksperimen adalah 70 lebih tinggi dari kemampuan menulis teks cerpen siswa kontrol yang hanya mencapai rata-rata 57. Oleh karena itu, terdapat pengaruh metode estafet writing dengan menggunakan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks cerpen terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 2 Jakarta. Implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan metode estafet writing dalam menulis teks prosedur yang koheren sesuai dengan karakteristik metode dan media yang akan dipakai. Metode tersebut membantu siswa secara kooperatif daya imajinasi dan kreativitas dalam menulis teks prosedur sehingga dalam mencipta yang sesuai dengan tahapan yang seharusnya. Saran yang dapat diberikan adalah guru dapat menggunakan metode estafet writing yang akan membuat pengembangan ide menjadi lebih mudah kreatif dan variatif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Erfi Firmansyah, M. A. ; 2). Reni Nur Eriyani, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Feb 2020 11:32
Last Modified: 06 Feb 2020 11:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3354

Actions (login required)

View Item View Item