PENGEMBANGAN PETA BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS

SYIFA NADHIRA, . (2022) PENGEMBANGAN PETA BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (308kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan peta berbasis augmented reality sebagai media pembelajaran IPS yang dapat membuat peserta didik lebih termotivasi untuk mempelajari materi peninggalan kerajaan Hindu di Indonesia, khususnya candi di Jawa Timur, D.I. Yogyakarta dan Jawa Tengah. Penelitian dilakukan di SMPN 88 Jakarta Barat selama empat bulan dari April sampai dengan Juli 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Develoment (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, kuisioner, serta studi literatur. Subjek uji coba yang terlibat dalam penelitian ini adalah satu orang ahli materi, satu orang ahli media, dan 8 orang peserta didik VII SMP di SMPN 88 Jakarta. Pengembangan peta berbasis augmented reality didesain menggunakan beberapa perangkat lunak seperti Unity.com, Vuvoria Engine, dan Android SDK untuk menghasilkan aplikasi yang dapat membuat candi muncul pada peta. Sedangkan desain peta, buku panduan, dan kemasan produk dibuat di aplikasi Adobe Photoshop dan Canva. Berdasarkan hasil penilaian ahli media terhadap produk peta berbasis augmented reality diperoleh nilai rata-rata sebesar 94,7% dengan kategori “sangat layak” dan bedasarkan hasil penilaian ahli materi terhadap produk peta berbasis augmented reality diperoleh nilai rata-rata sebesar 96,6% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan hasil penilaian oleh peserta didik adalah 95,5% yang menandakan bahwa produk sangat layak digunakan. Dengan demikian, media pembelajaran peta berbasis augmented reality sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS untuk peserta didik kelas VII di SMPN 88 Jakarta. ***** This study aims to develop maps based on augmented reality as social studies learning media that can make students be more motivated to learn the material from the relics of the Hindu kingdoms in Indonesia, especially the temples in Pula, East Java, D.I. Yogyakarta, and Central Java. The research was conducted at SMPN 88 West Jakarta for four months from April to July 2022. The research method used was Research and Development (R&D) with reference to the ADDIE development model which consisted of five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. Data collection techniques in this study were carried out through observation, interviews, questionnaires, and literature studies. The trial subjects involved in this study were one material expert, one media expert, and 8 students of VII SMP at SMPN 88 Jakarta. Map development based on augmented reality is designed using several software such as Unity.com, Vuvoria Engine, and Android SDK to produce applications that can make temples appear on the map. The design of maps, guidebooks, and product packaging were made in Adobe Photoshop and Canva. Based on the results of media experts on augmented reality-based map products obtained an average value of 94.7% in the "very feasible" category and based on the results of material expert assessments on augmented reality-based map products obtained an average value of 96.6% in the category "very worthy". In contrast, the results of the assessment by students is was 95.5% which indicates that the product is very feasible to use. Thus, map learning media based on augmented reality is very feasible to be used as a social study learning media for class VII students at SMPN 88 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Desy Safitri, M.Si. 2) Sujarwo, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sejarah > Arkeologi
Geografi, Antropologi > Geografi
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Sejarah Dunia > Indonesia
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Users 15360 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:56
Last Modified: 29 Aug 2022 01:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33546

Actions (login required)

View Item View Item