Novia Ismiyanti, . (2016) PENGARUH METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DESKRIPTIF SISWA KELAS VII SMP NEGERI 216 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Novia Ismiyanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
Text
Abstrak Novia Ismiyanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode picture and picture terhadap keterampilan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP Negeri 216 Jakarta. Peneltian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2015/2016, semester dua pada Mei di kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Adapun desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest Control Group Design. Uji homogenitas dilakukan dengan menggunakan uji Fisher. Dari hasil perhitungan diperoleh Fhitung sebesar 1,101 dan F tabel sebesar 2,41 dengan dk = 29 dan taraf signifikan ∝ = 0,01. Maka dapat disimpulkan Fhitung 1,101 < Ftabel 2,41. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sampel yang digunakan dalam penelitian ini memiliki varians yang homogen. Berdasarkan perhitungan uji-t, diperoleh Thitung sebesar 8,363 pada dk = 58 dam taraf signifikan ∝ = 0,05, sedangkan Ttabel hasil dari interpolasi diperoleh sebesar 2,002. Maka dapat disimpulkan Thitung 8,363 > Ttabel 2,002. Jadi, dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak (ada pengaruh), artinya ada pengaruh metode picture and picture terhadap keterampilan menulis teks tanggapan deskriptif siswa kelas VII SMP Negeri 216 Jakarta. Implikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia, guru dapat menggunakan metode picture and picture pada Kurikulum 2013, dalam pembelajaran menulis teks laporan observasi. Metode pembelajaran picture and picture membantu siswa memikirkan informasi yang baru diterima melalui membaca, dapat membuat keterampilan mengembangkan berbagai topik dan memberi motivasi kepada siswa untuk menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Saran yang dapat diberikan adalah pada saat penerapan metode picture and picture, guru bertindak sebagai motivator, memonitor, dan menstimulus siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga siswa memiliki rasa keingintahuan yang tinggi dan siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Asep Supriyana, M.Pd ; 2). Dr. Liliana Muliastuti, M,Pd, |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 06 Feb 2020 11:46 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 11:46 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3356 |
Actions (login required)
View Item |