PENGGUNAAN KONJUNGSI DALAM KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS VIII SMP LABSCHOOL JAKARTA

NOVITA PUSPITA SARI, . (2016) PENGGUNAAN KONJUNGSI DALAM KETERAMPILAN BERDISKUSI SISWA KELAS VIII SMP LABSCHOOL JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Novita Puspita Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan konjungsi dalam keterampilan berdiskusi siswa. Penelitian ini dilakukan di Jakarta selama Maret-Juni 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Penelitian ini difokuskan pada jenis dan fungsi konjungsi. Data penelitian ini berupa video. Sumber data berasal dari video rekaman kegiatan berdiskusi siswa di kelas. Data diperoleh dengan cara perekaman. Instrumen penelitian adalah peneliti dibantu dengan tabel analisis kerja, yaitu tabel analisis relasi konjungsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat konjungsi dalam keterampilan berdiskusi siswa Kelas VIII SMP Labschool Jakarta. Dalam penggunaan konjungsi terdapat dua jenis konjungsi dan lima belas fungsi analisis yaitu konjungsi jenis intrakalimat dengan fungsi sebabakibat 13,3% (40), fungsi pertentangan 4,32% (13), fungsi perkecualian 2,99% (9), fungsi tujuan 2,99% (9), fungsi penambahan 23,58% (71), fungsi pilihan 4,65% (14), fungsi urutan 0,9% (3), fungsi perlawanan 0,3% (1), fungsi syarat 2,6% (8), fungsi makna lainnya 44,18% (133), antarkalimat dengan fungsi sebabakibat 11,5% (3), fungsi pertentangan 26,9% (7), fungsi konsesif 3,8% (1), fungsi penambahan 7,6% (2), fungsi pilihan 3,8% (1), fungsi urutan 7,6% (2), fungsi perlawanan 3,8% (1), fungsi syarat 26,9% (7). Berdasarkan pola kemunculan konjungsi intrakalimat dengan fungsi makna lainnya paling banyak karena penutur lebih produktif dan efektif dalam mengembangkan ide, dan gagasan dalam berargumen sehingga pendengar lebih mudah untuk memahaminya. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP, konjungsi dijadikan sebuah materi ajar yang dapat dikembangkan oleh guru, baik unsur kebahasaan maupun keterampilan berbicaranya. Pengembangan materi ini dapat dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sintowati Rini Utami, M.Pd ; 2). Asisda WAP, M.Hum,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Feb 2020 12:00
Last Modified: 06 Feb 2020 12:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3358

Actions (login required)

View Item View Item