PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENGENALAN AIR PADA ANAK TUNAGRAHITA IQ 30 – 40 USIA 15-17 TAHUN

WENDRI MARYADI, . (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENGENALAN AIR PADA ANAK TUNAGRAHITA IQ 30 – 40 USIA 15-17 TAHUN. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02 BAB 1.pdf

Download (460kB)
[img] Text
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (515kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENGENALAN AIR PADA ANAK TUNAGRAHITA IQ 30 – 40 USIA 15-17 TAHUN Wendri Maryadi Pendidikan jasmani, Universitas Negeri Jakarta, wendriimaryadi@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan model latihan keterampilan pengenalan air pada anak Tunagrahita IQ 30 - 40. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan research and development (R&D) dari Borg and Gall. Kemudian desain penelitian yang digunakan ialah pre test-post test control group design. Subyek penelitian yang diambil dalam penelitian ini yaitu anak Tunagraha yang IQ 30 - 40 yang ada di SLBN Prof.Dr. Sri Sudewi Masjchun Sofwan SH Jambi. Adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) analisis kebutuhan, 2) validasi ahli, 3) ujicoba kelompok kecil, 4) ujicoba kelompok besar, dan 5) Uji efektifitas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian, yaitu: 1) angket untuk pengembangan model, 2) angket untuk pengumpulan data keterampilan pengenalan air pada anak Tunagrahita IQ 30-40. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode statistic uji beda mean (Uji-t) untuk melihat efektifitas dari model latihan. Hasil analisis data menunjukan bahwa: 1) Model latihan keterampilan pengenalan air pada anak Tunagrahita IQ 30 - 40 dapat dikembangkan dan diterapkan, 2) Model latihan pengenalan air berbasis permaianan untuk anak tunagrahita yang dikembangkan, efektif untuk meningkatkan keterampilan pengenalan air ditunjukkan dari analisis data uji efektifitas yang mana thitung (6,495) > ttabel (1,66). Kata Kunci: Pengembangan Model, Pengenalan Air, Anak Tunagrahita v ******** DEVELOPMENTS WATER RECOGNITION MODEL IN CHILDREN WITH IQ 30-40 ON 15-17 YEARS OLD Wendri Maryadi Pendidikan jasmani, Universitas Negeri Jakarta, wendriimaryadi@gmail.com ABSTRACT This study aims to develop a training model for water recognition skills in children with intellectual disabilities with IQ 30 - 40. In this study, the method used is the research and development (R&D) development research method from Borg and Gall. Then the research design used was the pre-test-post-test control group design. The research subjects taken in this study were children with an IQ of 30 - 40 at SLBN Prof.Dr. Sri Sudewi Masjchun Sofwan SH Jambi. The stages in this research and development are: 1) needs analysis, 2) expert validation, 3) small group trials, 4) large group trials, and 5) effectiveness tests. The instruments used in the study were: 1) a questionnaire for model development, 2) a questionnaire for data collection on water recognition skills in children with intellectual disabilities with IQ 30 - 40. The data analysis used in this study was a statistical method of mean difference test (t-test) to see the effectiveness of the training model. The results of the data analysis show that: 1) The training model for water recognition skills in children with intellectual disabilities with IQ 30 - 40 can be developed and applied, 2) The developed water recognition training model for mentally retarded children is effective for improving water recognition skills as shown from the test data analysis. effectiveness where thitung (6.495)> ttable (1.66). Keywords: Model Development, Water Recognition, Children with Intellectual Disabilities

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.Pd. ; 2) Dr. Wahyuningtyas Puspitorini, S.Pd, M.Kes. AIFO
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 14708 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 01:44
Last Modified: 29 Aug 2022 01:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33606

Actions (login required)

View Item View Item