MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MELEMPAR BOLA KECIL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS III SDN MALAKA JAYA 05 PAGI JAKARTA TIMUR

SUARDI, . (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK DASAR MELEMPAR BOLA KECIL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS III SDN MALAKA JAYA 05 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SUARDI 181516068.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk memperoleh data tentang peningkatan kemampuan gerak dasar melempar bola kecil melalui pendekatan bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani di kelas III SDN Malaka Jaya 05 Pagi Jakarta Timur. Penelitian tindakan ini dilakukan untuk melihat efektifitas tindakan pembelajaran dalam aktifitas Gerak Dasar Melempar Bola Kecil Siswa melalui Pendekatan Bermain penelitian ini dilakukan di kelas III SDN Malaka Jaya 05 Pagi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober sampai dengan bulan Desember tahun pelajaran 2017-2018. Pada penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus. Dalam siklusnya menggunakan metode dengan model siklus Kemmis dan Taggart. Maksudnya adalah pada model ini terdapat tahap perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting), dan untuk pengumpulan datanya digunakan instrumen tes dan instrumen non tes dengan berupa instrumen pemantau tindakan dan catatan lapangan. Pada tindakan pembelajaran Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Melempar Bola Kecil Siswa Kelas III SDN Malaka Jaya 05 Pagi Jakarta Timur dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani melalui Pendekatan Bermain ternyata menunjukkan adanya peningkatan sesuai yang diharapkan. Pada setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus III menunjukkan adanya peningkatan peningkatan yang sangat baik. Dari siklus I sampai Siklus III instrumen pemantau tindakan meningkat dari 50% Pada siklus I meningkat 10% menjadi 66% Pada siklus II meningkat 25% menjadi 85% Pada siklus III, sedangkan gerak dasar melempar dari 63,63% Pada siklus I meningkat 21,22% menjadi 84,85% Pada siklus II meningkat 6,06% menjadi 90,91% pada siklus III. Berdasarkan prosentase data pemantauan tersebut dapat disimpulkan bahwa Melalui Pendekatan Bermain dapat meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Melempar Bola kecil Siswa Kelas III SDN Malaka Jaya 05 Pagi Jakarta Timur Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Implikasi hasil penelitian ini adalah Pendekatan Bermain dapat meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Melempar Bola Kecil Siswa Kelas III SD. Pendekatan Bermain dapat Dijadikan Alternatif dalam Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Rosinar Siregar, M.Pd 2) Drs. Satrio, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Feb 2020 14:15
Last Modified: 06 Feb 2020 14:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3366

Actions (login required)

View Item View Item