POLA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN AGRIBISNIS (Studi Tentang Peran Sosial Kependidikan Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Makmur Jaya di Desa Kutamukti, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang)

ASEP JAMAL SYABURI, . (2011) POLA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN AGRIBISNIS (Studi Tentang Peran Sosial Kependidikan Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Makmur Jaya di Desa Kutamukti, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR ISI lagi.pdf

Download (340kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
TRANSKRIP WAWANCARA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text
BAB I-V jamal.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menggambarkan peran Gapoktan sebagai penyelenggara proses pembelajaran mengenai prinsip usaha kemitraan dan mengungkap proses sosial-kependidikan yang dilakukan oleh Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Makmur Jaya kepada petani-petani kecil yang terdapat di Desa Kutamukti, Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang. Skripsi ini merupakan penelitian sosiologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian ini terurai secara deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah stakeholder GAPOKTAN Makmur Jaya yang merupakan beberapa pengurus harian dan petugas dinas Tenaga Harian Lepas (THL) yang berperan sebagai mediator dan fasilitator dalam proses penyampaian informasi pertanian. Dalam dinamika masyarakat tani Desa Kutamukti Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang terdapat GAPOKTAN Makmur Jaya terkandung beberapa faktor yang mendorong terbentuknya organisasi atau kumpulan masyarakat desa berbasis pendidikan pertanian melalui penyuluhan untuk menuju kearah pertanian yang berkelanjutan. Diantara kegiatan pembelajaran pertanian yang diwadahi oleh GAPOKTAN Makmur Jaya dalam memberikan informasi dalam pengelolaan lahan yang tidak merusak lingkungan serta memberikan peluang usaha bersama bagi kelompok tani yang bergabung dalam GAPOKTAN Makmur Jaya untuk menjalankan usaha bersama dengan selalu memperhatikan aspek 3T yaitu Tinjau, Telaah, dan Tindak. Temuan dilapangan menunjukan bahwa peran sosial organisasi Gapoktan Makmur Jaya sebagai wahana pembelajaran alternatif bagi petani di Desa Kutamukti berupa: (1) Proses pendidikan berupa pengelolaan permodalan, pengelolaan organisasi, dan cara bertani yang tidak merusak lingkungan untuk menuju pertanian yang berkelanjutan, antara lain melalui penggunaan pupuk yang berimbang antara pupuk organik dan pupuk an-organik; (2) Peran organisasi kelembagaan menjadi sangat penting, karena berperan sebagai wadah yang menampung aspirasi dari anggota kelompok tani juga sebagai media interaksi atas program pemerintah terkait informasi harga komoditas pangan. Disamping itu kelembagaan kelompok tani sudah seharusnya dimanfaatkan sebagai wadah sarana belajar bagi para petani untuk menambah pengetahuan dalam bertani sepert mengetahui harga pangan dipasaran sehingga petani memperoleh keuntungan yang maksimal dan memahami cara penanganan masalah yang dihadapi oleh anggota kelompok tani.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Komaruddin, M.Si; 2). Nia Elvina, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 07:05
Last Modified: 29 Aug 2022 07:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33684

Actions (login required)

View Item View Item