PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS DOKUMENARY MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FT UNJ

FERI SUTRIANA, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS DOKUMENARY MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FT UNJ. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dan menghasilkan media pembelajaran E-learning dengan aplikasi Dokumenary pada mata kuliah Metodologi Penelitian sebagai media penunjang pembelajaran. Dilatarbelakangi oleh belum adanya media pembelajaran penunjang bagi mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro pada mata kuliah Metodologi Penelitian sehingga dapat dirumuskan dalam penelitian ini bahwa bagaimana mengembangkan media pembelajaran E-Learning berbasis Dokumenary berdasarkan kelayakan dan efektivitas nya dalam pembelajaran mata kuliah Metodologi Penelitian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D (Define, Design, Development, Dissemination). Instrumen penelitian menggunakan angket sebagai lembar penilaian yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan uji coba terbatas kelompok kecil mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Angkatan 2019 sebanyak 21 orang. Data didapat melalui pengujian berupa pre-test dan post-test serta angket yang diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: Produk yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak dari aspek media dengan persentase 90% dan kategori layak dari aspek materi dengan persentase 72%. Hasil uji coba terbatas kelompok kecil kepada 21 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro angkatan 2019 menghasilkan nilai dari pengujian berupa pre-test dengan nilai rata-rata sebesar 55,71 dan post-test dengan nilai rata-rata 75,23. Dari perhitungan gain score diperoleh nilai 0,440 yang menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kognitif kategori sedang pada pengguna setelah menggunakan media pembelajaran. Hasil penilaian respon pengguna media E-Learning termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase 81%. Berdasarkan hasil tersebut, pengembangan pada penelitian ini sangat layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran mata kuliah Metodologi Penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Suyitno, M.Pd. ; 2). Dr. Aris Sunawar, ST.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 15050 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 13:45
Last Modified: 29 Aug 2022 13:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33691

Actions (login required)

View Item View Item