Kelompok Sosial Pencinta Anak (KSPA) Sebagai Arena Pembelajaran Sosial (Studi tentang Praktik Sosial KSPA, Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur)

ESTI YULIANI, . (2011) Kelompok Sosial Pencinta Anak (KSPA) Sebagai Arena Pembelajaran Sosial (Studi tentang Praktik Sosial KSPA, Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Kelompok Sosial Pencinta Anak (KSPA) Sebagai Arena Pembeajaran Sosial.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pembelajaran yang dilaksanakan melalui praktik sosial dalam Kelompok Sosial Pencinta Anak (KSPA). Kelompok Sosial Pencinta Anak (KSPA) merupakan unit kegiatan mahasiswa tingkat universitas di UNJ yang fokus kegiatannya adalah pada penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk kalangan masyarakat prasejahtera. Informan kunci dalam penelitian ini berjumlah 6 orang, yang terdiri dari 3 kategori yakni alumnus KSPA, Badan Pengurus Harian (BPH), dan anggota. Penelitian ini ditulis dengan menggunakan metode kualitatif, lebih khusus merujuk pada sebuah pendekatan studi khasus. Secara umum metode kualitatif memiliki dua tujuan utama yakni, pertama To Describe and explore yang berarti berupaya menggambarkan dan mengungkapkan suatu fenomena. Kedua, To Describe and explain yaitu penelitian kualitatif berupaya menggambarkan dan menjelaskan fenomena atau peristiwa yang terjadi dalam masyarakat. Sedangkan pendekatan studi kasus memfokuskan suatu penelitian pada sebuah fenomena tunggal yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa, KSPA yang juga merupakan sebuah organisasi ini menjadi agen dalam proses belajar dan pembelajaran bagi anggotanya. Secara keseluruhan pembelajaran sosial tersebut digambarkan melalui sebuah input, proses, dan out put. Bagian input pembelajaran sosial ini adalah peserta didik yang menjadi anggota dalam keorganisasian KSPA yakni kalangan mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dari berbagai macam jurusan di universitas tersebut yang beragam. Kemudian yang menjadi proses ialah kegiatan pembelajaran, di dalamnya terdapat pembelajaran tentang keorganisasian dan pembelajaran tentang kependidikan anak. Terakhir out put dari pembelajaran ini adalah manfaat yang dirasakan oleh peserta didik di dalam KSPA, berupa peningkatan kemampuan dalam keorganisasian dan kependidikan anak. Dan manfaat yang diperoleh anak – anak prasejahtera yang menjadi peserta didik di TK yang diselenggarakan KSPA adalah dapat meneruskan ke jenjang pendidikan selanjutnya yakni jenjang pendidikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Mukhlis R. Ludin, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 00:43
Last Modified: 30 Aug 2022 00:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33712

Actions (login required)

View Item View Item