ANALISIS KESALAHAN MENULIS KARANGAN BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMAN 48 JAKARTA TEMA KEHIDUPAN KELUARGA

MEGA SAHARA, . (2013) ANALISIS KESALAHAN MENULIS KARANGAN BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMAN 48 JAKARTA TEMA KEHIDUPAN KELUARGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (498kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN-ZF-ABSTRAK-DAFTAR ISI.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karangan bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 48 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan fokus penelitian berupa analisis jenis-jenis kesalahan menulis, meliputi: falscher Ausdruck, Verwendung des falschen Artikel, falscher syntaktischer/ semantischer Bezug, Verwendung des falschen Genus, falscher Kasus, Verwendung der falschen Konjunktion, falscher Modusgebrauch, morfologischer Fehler, falsches Modalverb, Verwendung des falschen Präposition, falscher Pronomengebrauch, falsche Rechtschreibung, Satzbau, Satzstellung, falscher Tempusgebrauch, falsche Wortwahl, falsche oder fehlende Zeichensetzung, fehlen von Elementen, dan überflüssige Elemente yang berdasarkan teori Kleppin. Berdasarkan hasil penelitian diketahui jumlah kesalahan pada setiap jenis kesalahan menulis. Dari 35 karangan siswa tema Kehidupan Keluarga, jumlah frekuensi kesalahan menulis adalah 686 kesalahan, meliputi: Rechtschreibung berjumlah 327, kekurangan elemen berjumlah 58, kesalahan bangun kalimat berjumlah 54, kesalahan penggunaan tanda baca berjumlah 50, kesalahan penggunaan Genus berjumlah 44, kesalahan pemilihan kata berjumlah 37, kesalahan morfologi berjumlah 30, kesalahan pada hubungan sintaksis dan semantis berjumlah 29, kesalahan penempatan kalimat berjumlah 22,penggunaan elemen berlebihan berjumlah 15, kesalahan penggunaan Kasus berjumlah 7, kesalahan penggunaan pronomina berjumlah 5, kesalahan penggunaan preposisi berjumlah 4, kesalahan penggunaan Artikel berjumlah 3 dan kesalahan penggunaan tempus berjumlah 1. Dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa Jerman, guru dapat membuat analisis kesalahan untuk menemukan kesalahan yang kerap dibuat siswa, sehingga kesalahan yang dibuat siswa dapat diminimalisasi dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Aulia Purnamasari, S.Pd.,M.Hum. ;
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jerman
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 01:05
Last Modified: 30 Aug 2022 01:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33727

Actions (login required)

View Item View Item