POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI MASYARAKAT PERKOTAAN (Studi Deskriptif di Kelurahan Cipinang Cempedak RW 04, Jakarta Timur)

ISMAIL AMIR, . (2011) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK DI MASYARAKAT PERKOTAAN (Studi Deskriptif di Kelurahan Cipinang Cempedak RW 04, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
File 2 _abstrak_.pdf

Download (414kB)
[img] Text
File 3 _bab 1_.pdf

Download (321kB)
[img] Text
File 6 _bab 4_.pdf

Download (398kB)
[img] Text
File 7 _BAB 5_.pdf

Download (289kB)
[img] Text
File 4 _bab 2.pdf

Download (244kB)
[img] Text
File 5 _bab 3.pdf

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pola asuh yang baik diterapkan untuk membentuk karakter anak khususnya di usia remaja yang kemungkinan mudah terpengaruh oleh perkembangan jaman dimasyarakat perkotaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif yang menghasilkan data deskriptif melalui serangkaian studi kepustakaan, wawancara mendalam (in depth interview) berstruktural. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dan dipilih sebanyak 3 informan yang terdiri dari Key Informan (orang tua) dan informan (anak). Penelitian dilakukan di Kelurahan Cipinang Cempedak, RW 04 dengan membataskan tempat penelitian pada ketua RT 10, Ketua RT 12, dan Ketua RT 13. Kesimpulan dari penelitian ini dapat diketahui bahwa di sekitar wilayah Kelurahan Cipinang Cempedak Rw 04 banyak yang meyakini bahwa pola asuh demokratif itu baik diterapkan untuk dapat membentuk karakter anak yang sesuai dengan perkembangan jaman di Masarakat Perkotaan agar karakter anaknya berkembang dan tidak merasa terkekang. Pola asuh Demokratif memang baik diterapkan pada anak di Masyarakat Perkotaan karena pada dasarnya perkembangan dan pergaulan yang ada di masyarakat sangat dibutuhkan agar karakter anak berkembang. Namun tidak ada slahnya apabila pola asuh otoriter diterapkan dalam hal peraturan, karena memang paa dasaarnya perkembangan jaman sekarang sudah banak yang merusak karakter bangsa, apalagi kalau anak kita diberi kebebasan untuk mengikuti perkembangan tersebut maka dikhawatirkan akan membawa pengaruh atau pengalaman yang buruk jiga bagi karakter anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sarkadi, M.Si. ; 2). Dwi Afrimetty Timoera, SH.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 01:36
Last Modified: 30 Aug 2022 01:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33739

Actions (login required)

View Item View Item