PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DIGITAL PADA SISWA SMK KELAS X DI SEKOLAH BERSISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS

MUBARAK HARIS, . (2011) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DIGITAL PADA SISWA SMK KELAS X DI SEKOLAH BERSISTEM PEMBELAJARAN MOVING CLASS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Mubarak Haris 5215062139.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotorik teknik digital pada siswa kelas X di sekolah yang bersistem pembelajaran moving class. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Jakarta RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional), Jakarta Pusat pada bulan Februari – Maret 2011. Peneliti menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif, populasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Jakarta dan populasi terjangkaunya kelas X Jurusan Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 1 Jakarta sebanyak 64 siswa. Dari jumlah populasi terjangkau tersebut dijadikan sampel sebanyak 55 siswa berdasarkan pada tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak proporsional (Proportional Random Sample). Instrumen penelitian berbentuk kuesioner model skala likert pada variabel X (motivasi belajar). Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas konstruk melalui proses validasi dengan membandingkan koefisien korelasi skor butir, skor total dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas instrumen variabel X (motivasi belajar) dari perhitungan menunjukkan bahwa r = 0,917, dengan persamaan regresi Ŷ = 70,92 + 0,26X untuk motivasi belajar dan hasil belajar (kognitif) dan Ŷ = 71,53 + 0,27X untuk motivasi belajar dan hasil belajar (apektif dan psikomotorik). Uji normalitas menggunakan uji Liliefors pada taraf signifikansi (α) = 0,05 yang menunjukkan bahwa Lhitung (0.0869) < Ltabel (0,119) untuk motivasi belajar dan hasil belajar (kognitif) dan Lhitung (0.0901) < Ltabel (0,119) untuk motivasi belajar dan hasil belajar (afektif dan psikomotorik). Uji keberartian koefisien regersi menggunakan tabel analisis varians (ANAVA) diperoleh Fhitung (5,07) > Ftabel (4,02) untuk motivasi belajar dan hasil belajar (kognitif) dan Fhitung (4,54) > Ftabel (4,02) untuk motivasi belajar dan hasil belajar (afektif dan psikomotorik). Uji linieritas regresi diperoleh Fhitung (0,72) < Ftabel (1,94) untuk motivasi belajar dan hasil belajar (kognitif) dan Fhitung (0,66) < Ftabel (1,94) untuk motivasi belajar dan hasil belajar (afektif dan psikomotorik). Koefisien korelasi dihitung menggunakan rumus Product Moment menghasilkan rxy = 0,743 untuk motivasi belajar dan hasil belajar (kognitif) dan rxy = 0,773 untuk motivasi belajar dan hasil belajar (afektif dan psikomotorik). Uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 8,09 untuk motivasi belajar dan hasil belajar (kognitif) dan thitung sebesar 8,88 untuk motivasi belajar dan hasil belajar (afektif dan psikomotorik) dengan kedua ttabel sebesar 1,67. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan 55,27% untuk motivasi belajar dan hasil belajar (kognitif) dan 59,80% untuk motivasi belajar dan hasil belajar (afektif dan psikomotorik). Kesimpulan penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif, linier dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar baik itu kognitif, afektif dan psikomotorik selain itu variasi hasil belajar baik itu kognitif, afektif dan psikomotorik dipengaruhi lebih dari 50% oleh motivasi belajar. ***** This study aims to determine the magnitude of the influence of motivation on the learning outcomes of cognitive, affective, and psychomotor of digital engineering subjects in 10th year in schools with moving class system. The research was conducted at SMK Negeri 1 Jakarta RSBI (international school pioneering effort), Central of Jakarta in February-March 2011. Researchers used the survey method with quantitative approach, the population is students in 10th year in SMK Negeri 1 Jakarta and accessibility population is 64 students in 10th year of Engineering Computer Networks Department at SMK Negeri 1 Jakarta. 55 students as sample with a standard of error in 5%. The sampling technique used the proportional random sample. Form of questionnaire research instruments on the Likert scale models of the X variable (learning motivation). The construct validity test through a validation process by comparing the correlation coefficient score points, total score and reliability testing using Alpha Cronbach. The reliability result of the instrument X variable (learning motivation) show r = 0.917, with regression equation Ŷ = 70.92 + 0.26X for learning motivation and learning outcomes (cognitive) and Ŷ = 71.53 + 0.27X for learning motivation and learning outcomes (affective and psychomotor). The normality test using by Liliefors test with significance level (α) = 0.05 which Lcount (0.0869) < Ltable (0.119) for learning motivation and learning outcomes (cognitive) and Lcount (0.0901) < Ltable (0.119) for learning motivation and learning outcomes (affective and psychomotor). The meaning of regression test using by ANAVA was obtained Fcount (5.07) > Ftable (4.02) for learning motivation and learning outcomes (cognitive) and Fcount (4.54) > Ftable (4.02) for the learning motivation and learning outcomes (affective and psychomotor). The linearity of the regression test was obtained Fcount (0.72) < Ftable (1.94) for learning motivation and learning outcomes (cognitive) and Fcount (0.66) < Ftable (1.94) for learning motivation and learning outcomes (affective and psychomotor). The correlation coefficient is calculated using by Product Moment showed rxy = 0.743 for learning motivation and learning outcomes (cognitive) and rxy =0.773 for learning motivation and learning outcomes (affective and psychomotor). Significance test of correlation coefficient was obtained tcount of 8.09 to learning motivation and learning outcomes (cognitive) and tcount of 8.88 to learning motivation and learning outcomes (affective and psychomotor) with both ttable of 1.67. The calculation of the determination coefficient was indicates 55,27% to learning motivation and learning outcomes (cognitive) and 59,80% for learning motivation and learning outcomes (affective and psychomotor). The conclusion of this project is positive relationship, linear and significant relationship between learning motivation with the cognitive, affective and psychomotor learning outcomes in addition to the variations in both the cognitive, affective and psychomotor affected more than 50% by the learning motivation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Mufti Ma’sum, M.Pd. ; 2). Dr. Ivan Hanafi, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2022 13:40
Last Modified: 29 Aug 2022 13:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33741

Actions (login required)

View Item View Item