Taufik Rochmansyah, . (2018) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH SEBAGAI SARANA MEMBUDAYAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR (Studi Kualitatif di SD Islam Al-Azhar 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (183kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (396kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (297kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (526kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (782kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (266kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi dan mendeskripsikan sistem pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai sarana literasi di SD Islam Al- Azhar 1 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, pustakawan, siswa SD Islam Al-Azhar 1, kondisi perpustakaan sekolah, dokumen yang dimiliki sekolah, orangtua siswa dan kegiatan yang terkait dengan pemanfaatan perpustakaan dan literasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan pengkajian dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa perpustakaan sekolah jika dikelola dengan baik yang didukung oleh seluruh warga sekolah, dimasukkan dalam kegiatan belajar mengajar, dilakukan secara terus menerus akan membuat siswa terbiasa dengan perpustakaan dan kegiatan literasi. Oleh karena itu, seluruh warga sekolah perlu ikut serta dalam pengelolaan perpustakaan sekolah untuk dapat menumbuhkan budaya literasi siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Prof. Dr. Zulela MS., M.Pd 2) Dr. Edwita |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 06 Feb 2020 14:43 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 14:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3375 |
Actions (login required)
View Item |