ASSESSMENT PRACTICES IN ELE-SP UNJ: THE COGNITIVE PROCESSES INVOLVED IN CBA COURSE ASSESSMENT TASKS

Nurmalita Yasmin, . (2016) ASSESSMENT PRACTICES IN ELE-SP UNJ: THE COGNITIVE PROCESSES INVOLVED IN CBA COURSE ASSESSMENT TASKS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstract.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II.pdf

Download (248kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III.pdf

Download (170kB)
[img] Text
SKIRPSI BAB IV.pdf

Download (387kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
Biografi Penulis.pdf

Download (74kB)
[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
Table of content revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
lembar pengesahan pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] Text
lembar pernyataan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (856kB)

Abstract

Evaluasi suatu program pendidikan perlu dilakukan secara regular, termasuk evaluasi terhadap praktek penilaian yang diberikan oleh dosen di dalam perkuliahan. Penelitian ini merupakan bagian dari suatu evaluasi pelaksanaan program perkuliahan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, JBSing, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Penelitian dimaksudkan untuk menggambarkan proses kognitif yang terlibat di dalam praktek penilaian di mata kuliah CBA. Studi kualitatif deskriptif digunakan sebagai desain penelitian ini dengan instrumen analisis dokumen dan hasil wawancara siswa. Penelitian dilakukan terhadap RPKPS mata kuliah Classroom Based Assessment dan sampel dari 10 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposeful sampling. Praktek penilaian yang dilakukan oleh dosen dikategorikan berdasarkan proses kognitif di taksonomi Bloom. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses kognitif yang terlibat di dalam praktek penilaian akhir adalah mengingat (8%), memahami (33%), menerapkan (17%), menganalisis (8%), mengevaluasi (17%), dan mengkreasikan (17%). Hal ini mengimplikasikan bahwa proses kognitif yang paling terlibat adalah dalam kategori memahami yang masih tergolong tingkat berpikir yang rendah. Pada akhir perkuliahan siswa diharapkan mampu untuk membuat alat penilaian sendiri. Oleh karena itu praktek penilaian yang dilakukan di dalam kelas CBA haruslah dirancang berdasarkan proses kognitif yang diperlukan mahasiswa untuk dapat membuat alat penilaian sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. H.Muchlas Suseno M.Pd. ; 1). Dr. Hanip Pujiati
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 Feb 2020 15:58
Last Modified: 06 Feb 2020 15:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3382

Actions (login required)

View Item View Item