DISAIN PUSAT SUMBER BELAJAR (PSB) SEBAGAI FASILITAS BELAJAR UNTUK SISWA DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL (Sebuah Prototipe Hasil Analisa Kebutuhan di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa C Asih Budi II Jakarta Timur)

RESTU WIDYATARI, . (2008) DISAIN PUSAT SUMBER BELAJAR (PSB) SEBAGAI FASILITAS BELAJAR UNTUK SISWA DENGAN GANGGUAN INTELEKTUAL (Sebuah Prototipe Hasil Analisa Kebutuhan di Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa C Asih Budi II Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Restu Widyatari_1215031000 'Disain Pusat Sumber Belajar (PSB) sebagai Fasilitas Belajar untuk Si2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan salah satu wujud dari aplikasi keilmuan Teknologi Pendidikan yaitu menciptakan fasilitas belajar untuk siswa gangguan intelektual atau tunagrahita yang pengembangannya disesuaikan dengan kultur dan konteks dari kondisi pengguna agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan efektif sesuai dengan kebutuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan suatu disain Pusat Sumber Belajar (PSB) untuk siswa dengan gangguan intelektual. Disain Pusat Sumber Belajar ini ditujukan untuk memfasilitasi kegiatan pembelajaran agar dapat menunjang proses pembelajaran untuk siswa dengan gangguan intelektual dan guru sehingga menghasilkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan serta tujuan dari pembelajaran tersebut dapat tercapai. Disain Pusat Sumber Belajar ditujukan untuk Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa C (SMPLB C) Asih Budi II, Duren Sawit, Jakarta Timur. Rentang waktu yang digunakan dalam pelaksanaan, penyusunan hingga pelaporan skripsi ini adalah bulan Mei 2007 hingga Juni 2008. Tahapan yang dilalui peneliti secara garis besar adalah tahap perumusan tujuan dan tinjauan pustaka, tahap analisa kebutuhan sekolah, tahap perancangan disain Pusat Sumber Belajar berdasarkan data dan informasi yang diperoleh dan evaluasi disain oleh ahli Pusat Sumber Belajar dan ahli gangguan intelektual. Pengumpulan data dilakukan dalam rangka analisis kebutuhan dengan menggunakan wawancara bebas terpimpin untuk Kepala Sekolah, angket terbuka�tertutup untuk Guru, Observasi kegiatan pembelajaran dan potensi sumber daya sekolah, serta dokumentasi hasil tes psikologi siswa dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMPLB C tunagrahita. Teknik evaluasi yang digunakan adalah menggunakan kuesioner terbuka untuk ahli. Disain yang dirancang adalah meliputi pengguna Pusat Sumber Belajar, tipe Pusat Sumber Belajar, struktur organisasi Pusat Sumber Belajar, pola Pusat Sumber Belajar, kualifikasi Sumber Daya Manusia, layanan atau program kerja yang akan diberikan, ketersediaan sumber belajar dan layout Pusat Sumber Belajar. Implikasi hasil penelitian ini adalah adanya Pusat Sumber Belajar di sekolah akan memberikan banyak manfaat bagi ketercapaian program pembelajaran di sekolah. Manfaat Pusat Sumber Belajar tersebut antara lain dapat memberikan pelayanan bagi pengguna Pusat Sumber Belajar dalam perencanaan, produksi, dan operasional untuk bahan dan sumber belajar serta dapat membantu Guru dalam mendorong penggunaan cara-cara belajar baru yang paling sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. ; 2). Murti Kusuma W., M.Si.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum)
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:00
Last Modified: 30 Aug 2022 06:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33866

Actions (login required)

View Item View Item