KESALAHAN PENGGUNAAN ISIM MUSYTAQ DALAM KARANGAN TERPIMPIN PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

NURUZZUHRIYAH, . (2016) KESALAHAN PENGGUNAAN ISIM MUSYTAQ DALAM KARANGAN TERPIMPIN PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Nuruzzuhriyah 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empiris mengenai jenis atau bentuk kesalahan penggunaan Isim Musytaq serta faktor peyebabnya. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta pada Prodi Pendidikan Bahasa Arab dari Bulan Maret sampai dengan bulan April 2016. Data diperoleh dari tes sebanyak 50 buah, yang terbagi menjadi: 1) pilihan ganda sebanyak 40 soal, 2) mengubah fi’il∕ kata kerja menjadi Isim Musytaq sebanyak 10 buah dengan sampel 26 mahasiswa yang dipilih secara acak dengan kualifikasi mereka yang sudah mempelajari mata kuliah Shorf II. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis isi dan dengan prosedur penelitian sebagai berikut : 1) menentukan kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa, 2) mendiagnosa bentuk-bentuk kesalahan, 3) mengelompokan kesalahan, 4) menghitung persentase atau frekuensi kesalahan, 5) mendeskripsikan bentukbentuk kesalahan, 6) mengelompokan kesalahan dengan Kriteria interpretasi, yaitu kesalahan jarang 1-25%, kesalahan merata 26-75%, dan kesalahan umum 76-100%, 7) menjelaskan faktor- faktor penyebab kesalahan. Berdasarkan hasil analisis terhadap kesalahan tersebut dari 1300 jawaban, ditemukan 544 kesalahan pada mahasiswa, dan di temukan kesalahan merata berikut rincian jenis kesalahannya beserta persentase kesalahan : (1) Kesalahan dalam penggunaan Isim Fa’il 34% dari 182 jawaban (2) Kesalahan dalam penggunaan Shiyaghul Mubalaghoh 51.2% dari 156 jawaban (3) Kesalahan dalam penggunaan Isim Maf”ul 48.7% dari 156 jawaban (4) Kesalahan dalam penggunaan Shifat Musyabbahah 49.4% dari 182 jawaban (5) Kesalahan dalam penggunaan Isim Tafdhil 30.1% dari 156 jawaban (6) Kesalahan dalam penggunaan Isim Zaman 38.4% dari 156 jawaban (7) Kesalahan dalam penggunaan Isim Makan 42.3% dari 156 jawaban (8) Kesalahan dalam penggunaan Isim Alat 32.7% dari 156 jawaban Dan kesalahan terbanyak tejadi pada Shiyagul Mubalaghoh, sedangkan terkecil terdapat pada Isim Tafdhil. ن Adapun sebab kesalahannya, antara lain: (1) ketidaktahuan batasan kaidah sebanyak 4 kasus, (2) penerapan kaidah yang kurang sebanyak 4 kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara umum, mahasiswa, belum menguasai penggunaan Shighot Mubalaghoh dengan baik dan benar. Selain itu, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan Shighot Mubalaghoh lebih sulit bagi para mahasiswa, karena sulit membedakan antara penggunaan Shighot Mubalaghoh dan Shifat Musyabbahah memiliki banyak wazan dan mayoritas mahasiswa belum faham dengan baik kapan menggunakan wazan “Fa’iilun”, atau “Fu’uulun”, dan lainnya. Hal ini dapat dilihat dari persentase kesalahan. Implikasi penelitian ini ialah dalam pengajaran bahasa Arab khususnya dalam pengajaran kitabah dan ilmu shorof II, karena keduanya memiliki ikatan yang erat. Dengan melakukan analisis kesalahan guru dapat mengetahui kesalahan merata yang dilakukan mahasiswa dalam penggunaan Isim Musytaq, oleh karena itu diharapkan bagi para guru untuk memperhatikan kesalahan merata yang dilakukan mahasiswa kemudian menjelaskan tentang Isim Musytaq yang paling sulit hingga mereka memahaminya dengan baik, diharapkan pula untuk menggunakan media audio lingual dengan memberikan beberapa latihan tashrifan tentang Isim Musytaq sehinga mahasiwa dapat menghafalnya dan mampu membedakan Isim yang satu dengan isim yang lain, dan diharapkan pula para guru menggunakan metode pengajaran yang unik dan bermacam-macam, agar memotivasi mahasiswa ketika proses pembelajaran sehingga mahasiswa dapat memahami materi pelajaran dengan baik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Yumna Rasyid M.Pd. ; 2). Dr.Syamsi Setiadi M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 07 Feb 2020 10:50
Last Modified: 07 Feb 2020 10:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3387

Actions (login required)

View Item View Item