METODE MENDISIPLINKAN MURID (Studi Tentang Manajemen Kedisiplinan Sistem Kredit Dan Pendidikan Disiplin Di SMA Negeri 50 Jakarta)

ADAM SETYOBISMO, . (2011) METODE MENDISIPLINKAN MURID (Studi Tentang Manajemen Kedisiplinan Sistem Kredit Dan Pendidikan Disiplin Di SMA Negeri 50 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Adam Pensos 06.pdf

Download (878kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendalami pelaksanaan Penegakan Sistem Kedisiplinan yang mempunyai studi tentang manajemen kedisiplinan sistem kredit dan pendidikan disiplin di SMA Negeri 50 Jakarta. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 50 Jakarta selama tujuh bulan dari Oktober sampai dengan Mei 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif, yakni teknik pengumpulan data melalui observasi, memberikan kuesioner kepada responden terpilih sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk membuktikan bahwa kedisiplinan dilaksanakan di sekolah ini, kemudian mewawancaranya dan studi literatur. Dapat diketahui bahwa temuan penelitian di lapangan, penulis mendapatkan konsepsi sistemik penegakan kedisiplinan sekolah secara sistem kredit poin dengan peningkatan motivasi belajar murid dari informan kesiswaan, guru BP, wali kelas dan siswa. Hal ini menunjukan bahwa bukan sistem yang terintegrasi dengan disiplin, sekolah memiliki kebijakan sistem kredit poin yang mencerminkan filosofi manajemen mereka. Selanjutnya ditemukan bahwa salah satu masalah utama dari kebijakan disiplin sekolah adalah bahwa tidak semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan konsisten menegakan aturan. Hasilnya adalah bahwa kebijakan perlu diterapkan secara ketat dalam rangka untuk menjadikan murid berada di lingkungan akademik yang produktif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robertus Robet, M.A. ; 2). Dr. Eman Surachman, M.M.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:12
Last Modified: 30 Aug 2022 07:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33894

Actions (login required)

View Item View Item