PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI JAKARTA

AMALIA PUTRI MAHARANI, . (2022) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (722kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirusahaan dan penggunaan media sosial dalam mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa di Jakarta. Penelitian ini dilakukan di DKI Jakarta menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Data yang digunakan yaitu data primer yang diperoleh dengan menyebar kuesioner. Metode analisis menggunakan analisis regresi linear berganda, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Sampel penelitian sebanyak 350 mahasiswa di Jakarta dengan menggunakan teknik non probability sampling dan purposive sampling. Hasil uji validitas instrumen pada penelitian ini p-value sebesar 0.000 yang berarti seluruh instrumen valid. Hasil uji reliabilitas data pada seluruh variabel memperoleh nilai cronbach alpha diatas 0.6 yang berarti seluruh data reliabel. Seluruh data lolos uji asumsi klasik. Persamaan analisis linear berganda memperoleh hasil Y = 1.024 + 0,332 X1 + 0,495 X2 + e yang bernilai positif yang berarti masing-masing variabel memiliki hubungan yang positif atau searah. Hasil uji t untuk variabel X1 dengan Y diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 yang berarti memiliki hubungan yang signifikan. Hasil uji t untuk variabel X2 dengan Y memperoleh hasil nilai signifikansi 0.000 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan. Hasil uji F antara variabel X1, X2 dengan Y diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.000 yang berarti variabel X1, X2 memiliki hubungan yang simultan terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil uji statistik dapat diperoleh hasil penelitian dalam skripsi ini yaitu (1) pendidikan kewirausahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, (2) penggunaan media sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha, (3) pendidikan kewirausahaan dan penggunaan media sosial berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha. Kata Kunci : Minat Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Penggunaan Media Sosial This study aims to determine the effect of entrepreneurship education and the use of social media in influencing student entrepreneurship interest in Jakarta. This research was conducted in DKI Jakarta using a quantitative approach with a descriptive and correlational approach. The data used are primary data obtained by distributing questionnaires. The method of analysis used multiple linear regression analysis, validity and reliability tests, classical assumption test and hypothesis testing using SPSS version 25 application. The research sample was 350 students in Jakarta using non-probability sampling and purposive sampling techniques. The results of the instrument validity test in this study p-value of 0.000 which means all instruments are valid. The results of the data reliability test on all variables obtained a Cronbach alpha value above 0.6, which means that all data are reliable. All data passed the classical assumption test. The multiple linear analysis equation obtained the result Y = 1.024 + 0.332 X1 + 0.495 X2 + e which has a positive value, which means that each variable has a positive or unidirectional relationship. The results of the t-test for variables X1 with Y obtained a significance value of 0.000 which means it has a significant relationship. The results of the t-test for variables X2 with Y obtained a significance value of 0.000 which means that there is a significant relationship. The results of the F test between the variables X1, X2 and Y obtained a significance value of 0.000, which means that the variables X1, X2 have a simultaneous relationship with the Y variable. Based on the results of statistical tests, the research results in this thesis can be obtained, namely (1) entrepreneurship education has a positive and significant effect on interest in entrepreneurship, (2) the use of social media has a positive and significant effect on interest in entrepreneurship, (3) entrepreneurship education and the use of social media simultaneously affect the interest in entrepreneurship. Keywords: Entrepreneurial Intention, Entrepreneurship Education, Use of Social Media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Corry Yohana, MM. ; 2). Aditya Pratama, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 15096 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:53
Last Modified: 30 Aug 2022 06:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33895

Actions (login required)

View Item View Item