MAKNA SOSIAL PENDIDIKAN BAGI MANUSIA GEROBAK TERHADAP KESEJAHTERAAN ANAK DI MASA DEPAN (Studi Komunitas ”Manusia Gerobak” di Daerah Manggarai Jakarta Selatan)

CICI JUBAEDAH, . (2011) MAKNA SOSIAL PENDIDIKAN BAGI MANUSIA GEROBAK TERHADAP KESEJAHTERAAN ANAK DI MASA DEPAN (Studi Komunitas ”Manusia Gerobak” di Daerah Manggarai Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI CICI JUBAEDAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memotret gambaran kehidupan manusia gerobak mulai daritaraf hidup dan bagaimana memaknai pendidikan untuk kesejahteraan anak-anak mereka dimasa depan ditengah kondisi ekonomi yang mendera keluarga mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripstif terhadap keluarga manusia gerobak. Penelitian ini menggunakan teori sosiologis Herbert Blumer yaitu teori interaksionis simbolik sebagai pijakan peneliti dalam menganalisis penelitian dilapangan. Informan dalam penelitian ini adalah enam keluarga manusia gerobak yang ada di Manggarai sebagai informan inti, LSM Sahabat Anakketua RT setempat informan inti sebagai pendukung. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung, wawancara terstruktur dan tanpa struktur, dan dokumentasi. Hasil temuan dilapangan menunjukan bahwa empat keluarga yang memandang pendidikan itu dengan penting dan melakukan tindakan. Landasan keluarga yang memandang pendidikan itu penting merujuk pada perolehan pekerjaan yang layak dan dapat melakukan perbaikan taraf hidup keluarga dan anak dimasa depan. Sedangkan dua keluarga yang menganggap pendidikan itu penting tetapi tanpa tindakan memandang bahwa mereka menyakini bahwa pendidikan itu penting untuk kehidupan anak-anak mereka dimasa depan tetapi pandangan mereka tersebut terhalang oleh tempat tinggal mereka yang nomaden mengikuti sumber daya barang bekas dan pada akhirnya hanya sebuah imajinasi. Pandangan keluarga manusia gerobak mengenai pendidikan timbul sebagai implikasi mereka dalam interaksi mereka dengan para LSM setempat. LSM yang telah mentransformasi nilai pendidikan kepada keluarga manusia gerobak yang akhirnya memandang pendidikan sebagai kebutuhan hidup. Nilai pendidikan yang di anut oleh manusia gerobak berorientasi kepada perolehan aspek ekonomi yang lebih baik sehingga kehidupan mereka akan sejahtera.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Andarus Darahim MPA ; 2). Dra. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 01:53
Last Modified: 31 Aug 2022 01:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33933

Actions (login required)

View Item View Item