Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Arends dengan Media Komik terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas VII di SMP PGRI Surya Kencana Cileungsi

PUTRI ADITYA ENGGARWATI, . (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Arends dengan Media Komik terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas VII di SMP PGRI Surya Kencana Cileungsi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI PDF UPT 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Time Token Arends dengan Media Komik terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas VII di SMP PGRI Surya Kencana Cileungsi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2016. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain randomized control group pretest-postest design. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 40 siswa. Dilakukan uji persyaratan analisis data sampel yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas digunakan uji liliefors. Dari hasil perhitungan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung= 0,010564, sedangkan Ltabel = 0,19. Pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung= 0,053516, sedangkan Ltabel = 0,19 dengan taraf signifikan (α) 0,05. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa data sampel baik kelas kontrol maupun kelas eksperimen berdistribusi normal karena Lhitung < Ltabel. Untuk uji homogenitas, digunakan uji Fisher, diperoleh hasil Fhitung yang didapatkan adalah 1,94 dengan nilai dk sebesar 19. Ftabel dengan taraf α=0,05 = 4,09 dan Ftabel dengan taraf α=0,01 = 7,35. Maka didapatkan kesimpulan bahwa Fhitung < Ftabel, maka didapatkan keputusan bahwa sampel berasal dari varians yang homogen. Selanjutnya data dianalisis dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 2,42 dan ttabel = 1,725 dengan dk 39 dan taraf signifikan (α) sebesar 0,05. Oleh karena thitung > ttabel, maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran time token arends dengan media komik terhadap keterampilan bercerita siswa kelas VII di SMP PGRI Surya Kencana Cileungsi. Model pembelajaran time token arends dengan media komik ini dapat juga diimplikasikan terhadap kompetensi dasar lainnya, yaitu bercerita dengan alat peraga. Guru disarankan menggunakan model pembelajaran time token arends dan juga media pembelajaran komik. Guru juga diharapkan menggunakan model dan media pembelajaran ini sebagai salah satu pengembangan pendidikan karakter yaitu menanamkan nilai-nilai kerjasama dan menghargai hak orang lain dalam hal bercerita.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fathiaty Murtadho, M.Pd. ; 2). Reni Nur Eriyani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2020 14:21
Last Modified: 07 Feb 2020 14:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3397

Actions (login required)

View Item View Item