PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK PRAKTEK MESIN FRAIS PADA MATA KULIAH PRAKTEK MESIN LANJUT DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Fitriani Tyas Pangastuti, . (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK PRAKTEK MESIN FRAIS PADA MATA KULIAH PRAKTEK MESIN LANJUT DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan salah satunya yaitu video, video dapat dilihat berulang-ulang untuk dapat membantu pemahaman dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media video pembelajaran mesin frais dan mengetahui hasil belajar pada mata kuliah Praktek Mesin Lanjut dengan media pembelajaran yang inovatif. Pengembangan media video pembelajaran untuk praktek mesin frais pada mata kuliah praktek mesin lanjut di universitas negeri jakarta ini menggunakan model pengembangan ADDIE memiliki tingkat validitas materi 96% dengan interval “Sangat Layak”. Lalu tingkat validitas media 70% dengan interval “Layak”. Pada uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 86,33% dengan interval “Sangat Layak”. Sedangkan pada uji coba lapangan memperoleh persentase 85% dengan interval “Sangat Layak”. ***** One of the learning media used is video, videos can be viewed repeatedly to help understanding in the learning process. This study aims to determine the feasibility of milling machine learning video media and determine learning oucomes in the Advanced Machine Practice course with innovative learning media. The developmentof digital learning media for milling machine practice in this advanced machine practice course using the ADDIE development model has a material validity level of 96% with an “Very Eligible” interval. Than the media validity level is 70% with an interval of “Fair”. In the small group trail, it obtained a percentage of 86,33% with an interval of “Veri Eligible”. Meanwhile, in the field trial, it obtained a percentage of 85% with an interval of “Very Eligible”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Syaripuddin, M.Pd. ; 2). Drs. Syamsuir, MT.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 15112 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:20
Last Modified: 31 Aug 2022 07:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/33996

Actions (login required)

View Item View Item