Pemberian Bentuk Soal Tes Terhadap hasil Belajar (Studi Kasus di Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 26 Jakarta)

Indira Pratiwi, . (2018) Pemberian Bentuk Soal Tes Terhadap hasil Belajar (Studi Kasus di Jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 26 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI INDIRA TEKNIK ELEKTRO 13.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemberian bentuk soal tes terhadap hasil belajar siswa kelas XI TIPTL-1 dan kelas XI TIPTL-2. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan metode quasi eksperimental. Pada penelitian digunakan dua kelompok yang akan diteliti, yakni kelompok eksperimen (X1) yang diberikan soal tes berbentuk pilihan ganda dan kelompok eksperimen (X2) yang diberikan soal tes berbentuk uraian. Proses pengumpulan data dilakukan dengan post-test pada kedua kelas. Data yang telah terkumpul akan diolah dengan uji-t setelah data memenuhi persyaratan normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar instalasi motor listrik siswa yang diberikan soal tes berbentuk pilihan ganda lebih tinggi dari siswa yang diberikan soal tes berbentu uraian. diperoleh thitung ˃ ttabel, yakni 3,942 > 2,002 dengan signifikansi 5%. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemberian soal tes bentuk pilihan ganda dan bentuk uraian terhadap hasil belajar siswa Instalasi Motor Listrik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Suyitno,M.Pd 2) Dra. Ermi Media’s, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 18 Oct 2019 14:51
Last Modified: 18 Oct 2019 14:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item