PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN LUBANG RESAPAN BIOPORI (Survei Di RW 07 Kelurahan Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarsa Kota Administrasi Jakarta Selatan)

MUHAMMAD IQBAL, . (2011) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN LUBANG RESAPAN BIOPORI (Survei Di RW 07 Kelurahan Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarsa Kota Administrasi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Lampiran 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Lampiran4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
riwayat hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
Lampiran 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
lampiran 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
bab 1-v print.pdf

Download (359kB)
[img] Text
DAFTAR ISI 23-01-11.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lubang resapan biopori di RW 07 Kelurahan Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarsa Kota Administrasi Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di RW 07 Kelurahan Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarsa Kota Administrasi Jakarta Selatan pada bulan Januari sampai Juni 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kepala Keluarga di lingkungan RW 07 Kelurahan Srengseng Sawah yang berjumlah 534 Kepala Keluarga. Metode penetapan sampel yang diajukan dalam penelitian ini adalah Purposive sampling dan yang menjadi sampel adalah 90 responden. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian, partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lubang resapan biopori dapat dilihat dari bentuk partisipasi berupa perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dilihat dari partisipasi dalam perencanaan, partisipasi yang dilakukan masyarakat adalah dengan menghadiri forum atau rapat yaitu sebesar 85,6%, mengajukan usulan atau saran sebesar 64,4% dan ikut serta dalam pengambilan keputusan hanya sebagian kecil yang berpartisipasi yaitu 17,8%. Hal ini terjadi karena tidak seluruh responden dilibatkan dalam perencanaan khususnya dalam pengambilan keputusan. Partisipasi masyarakat dalam pelaksanakan terdiri dari partisipasi dalam menyediakan alat, menyediakan bahan, sumbangan dalam bentuk kerja, serta dalam menyediakan waktu 100% responden ikut berpartisipai sedangkan dalam menyediakan dana sebesar 84,4%, terlibat dalam usaha memberdayakan masyarakat sebesar 71,1%. Sedangkan dalam hal evaluasi, partisipasi masyarakat terlihat dalam bentuk menikmati hasil yang berupa pemanfaatan pupuk kompos hasil pembusukan sampah organik dilubang resapan biopori hanya sebesar 42,2% hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang pengembangan lubang resapan biopori sedangkan partisipasi dari bentuk usaha menjaga lubang resapan biopori agar lubang tetap berfungsi dengan baik sebesar 82,7%. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah partisipasi yang yang dilakukan oleh masyarakat yaitu terlibat dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Partisipasi yang terbesar terjadi pada saat pelaksanaan kegiatan pelaksanaan pembuatan lubang resapan biopori, sedangkan partisipasi yang terendah adalah dalam perencanaan pengelolaan lubang resapan biopori yaitu saat pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. M. Muchtar, M.Si.; 2). Drs. Parwata
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 03:59
Last Modified: 31 Aug 2022 03:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34036

Actions (login required)

View Item View Item