PELATIHAN PEMBUATAN APE PLAYDOUGH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGAJAR TUTOR

KHAYATUN NISA DIAN PRATIWI, . (2013) PELATIHAN PEMBUATAN APE PLAYDOUGH DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MENGAJAR TUTOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (32kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (30kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (17kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektif atau tidaknya suatu program pelatihan pembuatan alat permainan edukatif playdough sebagai penunjang kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas mengajar pada tutor PAUD Lely Delima RW.06 Jakarta Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik penyajian data secara deskriptif pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah tutor PAUD Lely Delima RW.06 berjumlah 5 orang. Sampel ditetapkan secara sampling jenuh, dalam hal ini peneliti mengambil semua populasi yang ada di dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan instrumen angket tertutup untuk menyaring data yang terdiri dari 35 item pernyataan, dengan pilihan jawaban Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Kurang Setuju (KS) dan Tidak Setuju (TS). Instrumen dicobakan terlebih dahulu kepada tutor PAUD di sekitar lokasi PAUD Lely Delima RW.06 dengan uji validitas dan reabilitas. Uji validitas digunakan dengan rumus produck momen untuk menguji 35 item pernyataan dengan 5 responden maka didapatkan bahwa dari 35 pernyataan angket pelatihan pembuatan APE hasilnya terdapat 5 pernyataan yang drop sehingga jumlah pernyataan yang akan disebar dalam angket ini sebanyak 30 pernyataan dengan koefisien korelasi 0.936364. Adapun ketetapan angket menggunakan rumus Alpha dengan hasil reabilitas sangat tinggi dengan hasil r hitung lebih besar dari r tabel (r hitung > r table = 1 > 0,0878) Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu bahwa dengan adanya pelatihan pembuatan APE playdough tersebut dapat membantu meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta kreativitas tutor PAUD Lely Delima Rw.06 dalam mengatasi permasalahan pemilihan APE PAUD yang digunakan sebagai alat/media pendukung pembelajaran PAUD. Sehingga pelatihan tersebut dapat dikatakan efektif, bermanfaat dan membawa dampak baik bagi peserta pelatihan. ***** The objective of this study is to describe whether training program on training of educative game tools playdough is effective as an activity support of learning in improving teaching creativityof Tutours of PAUD Lely Delima RW.06 West Jakarta or not. Method applied in this study is the survey method with data presentation technique in descriptive manner with quantitatie approach. Population in this research are tutors of PAUD Lely Delima RW.06 a total 5 persons in number. Samples are determined in saturated sampling, in this case the author takes all population in this research. Data collection is conducted by using interivews and instrument of closed questionnaires to screen data consisting of 35 items of statements, with options of answer Strongly Agree (SS), Agree (S), Less Agree (KS) and Not Agree (TS).The instrument is tried out first to the tutors of Early Childhood Education around the location of PAUD Lely Delima RW.06 with validity and reliability tests. The validity test is used with product moment formula to test 35 items of statements with 5 respondents then it was found that of 35 statements of the questionnaires of APE creation training its results indicate there are 5 dropped statements so the number of statements to be distributed in this questionnaire are as many as 30 statements with correlation coefficient. As of questionnaires are using Alpha formula with results of realibility is very high with resultl r count is larger than table r (r count > r table = 1 > 0,0878) Conclusion which can be drawn of this study namely that by the existence of training on Educative Game Tools playdough creation can help to improve the knowledge, understanding, and creativity of tutors of PAUD Lely Delima Rw.06 in resolving the PAUD’s Educative Game Tools selection utilized as a supporting tool/media of Early Childhood Education learning. So the training can be said as effective, beneficial and bringing a good impact for the trainees.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Karnadi, M.Si. ; 2). Drs. Widio Prihanadi, M.M.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 05:42
Last Modified: 31 Aug 2022 05:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34045

Actions (login required)

View Item View Item