PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA (STUDI PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMA)

AYU TAZKIYATUNNUFUS, . (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA (STUDI PADA MATERI PERTUMBUHAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI PESERTA DIDIK DI SMA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (559kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berfikir krtitis siswa materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang valid dan reliabel guna untuk mengukur tingkat kemampuan berfikir kritis siswa SMA Negeri 1 Kalianda dan SMA Negeri 2 Kalianda pada Mata Pelajaran Ekonomi. Validasi instrumen penilaian dilakukan dengan beberapa tahap diantaranya validasi ahli dan validasi panelis. Validasi ahli berjumah dua orang yang menghasilkan masukan dalam redaksi instrumen serta validasi panelis berjumlah dua orang terdiri dari guru pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah R & D atau pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Borg and Gall. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan metode Meyer Olkin Measure of Sampling (KMO) dengan menggunakan bantuan software SPSS untuk mengetahui tingkat validitas dari setiap butir instrumen. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali. Hasil Uji coba pertama menunjukkan dari 30 butir pertanyaan ada 5 soal yang tidak valid dan harus di drop, yakni untuk butir soal nomor 9 karena r hitung 0,118 yakni lebih kecil dari r tabel 0,349 maka data dinyatakan tidak valid. Selanjutnya untuk butir soal no 12 dan 13 diperoleh r hitung 0,085 dan 0,016 < dari r tabel maka data dinyatakan tidak valid. Data pada Item 24 dan 26 diperoleh hasil 0,034 dan 0,014 < dari r tabel 0,349 maka data dinyatakan tidak valid. Jadi hasil uji coba pertama menunjukkan butir soal no 9, 12, 13 24 dan 26 dinyatakan tidak valid dan peneliti mengambil 25 soal yang valid untuk selanjutnya di uji reliabilitasnya. Hasil dari uji coba pertama ini, didapatkan bahwa instrumen yang diuji reliabel. Yakni nilai Alpha Cronbach 0,757 > 0,6 maka data dinyatakan reliabel. Jadi, dalam penelitian ini menunjukkan hasil instrumen valid dan reliabel. Karena untuk 25 butir soal yang di uji tingkat ke validannya dan reliabilitasnya dalam pembakuan instrumen menunjukkan nilai KMO > 0,5 dan Nilai MSA > 0,5 untuk setiap elemen penafsiran, analisis, evaluasi, kesimpulan, dan penjelasan. Kata Kunci : Pengembangan Instrumen, Kemampuan Berfikir Kritis, Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi *** This study purpose to produce validity and reliablility critical thingking assessment instruments theory on economic growth and development at SMA Negeri 1 Kalianda and SMA Negeri 2 Kalianda. Validation of assessment instruments is done by several stages such as expert validation and panelist validation. Expert validation of two persons who produce input in the editorial of instrument and panelist validation of two people consist of teacher lessons. This type of research is development research using the Meyer Olkin Measure of Sampling (KMO) method using SPSS software to determine the level of validity of each item of the instrument. The trial was carried out twice. The results of the first trial show that from 30 questions there are 5 questions that are invalid and must be dropped, namely for item number 9 because r count 0.118 which is smaller than r table 0.349 then the data is declared invalid. Furthermore, for items no 12 and 13 obtained r count 0.085 and 0.016 < from r table then the data is declared invalid. Data on Items 24 and 26 obtained results of 0.034 and 0.014 < from r table 0.349 then the data is declared invalid. So the results of the first trial showed items no. 9, 12, 13, 24 and 26 were declared invalid and the researcher took 25 valid questions for further reliability testing. The results of this first trial, it was found that the instrument tested was reliable. That is, Cronbach's Alpha value of 0.757 > 0.6 then the data is declared reliable. So, in this study, the results of the instrument are valid and reliable. Because the 25 items tested for validity and reliability in instrument standardization show KMO values > 0.5 and MSA values > 0.5 for each element of interpretation, analysis, evaluation, conclusion, and explanation. Keyword: Instrument Development , Critical thingking assessment, economic growth and development

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ari Saptono, SE,M.Pd ; 2). Dr. Suparno, S.Pd, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 15524 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:23
Last Modified: 01 Sep 2022 02:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34058

Actions (login required)

View Item View Item