PRAKTIK SOSIAL KEBERSIHAN (Studi Tentang Pendidikan Hidup Sehat di Komunitas Petojo Binatu I RT 02 RW 08, Jakarta Pusat)

PRIANTORO KRISIE, . (2011) PRAKTIK SOSIAL KEBERSIHAN (Studi Tentang Pendidikan Hidup Sehat di Komunitas Petojo Binatu I RT 02 RW 08, Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI TORO.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan perilaku sosial yang terjadi pada komunitas Petojo Binatu I RT 02 RW 08. Perubahan sosial terjadi sejak hadirnya program–program kebersihan yang diprakarsai oleh lembaga asing yaitu USAID (United States Agency for International Developments) yang dibantu oleh lembaga lokal seperti Mercy Corps. Pada awalnya, kawasan Petojo Binatu lebih dikenal sebagai salah satu wilayah kumuh atau slump area di Jakarta. Akan tetapi, sejak bergulirnya program kebersihan yaitu MCK Plus pada tahun 2007, kini wilayah Petojo Binatu berubah menjadi kawasan percontohan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian terdiri dari 4 orang informan yaitu anggota komunitas Petojo Binatu I RT 02 RW 08. Sedangkan informan kunci terdiri dari ketua RW 08 Petojo Utara dan ketua RT 02 RW 08 Petojo Binatu. Data yang diperoleh dilakukan dengan cara observasi langsung maupun dokumentasi berupa data administrasi RT 02 RW 08. Cara-cara pengumpulan data inilah yang membuat peneliti dapat memberikan gambaran perubahan perilaku sosial kebersihan yang ada di komunitas Petojo Binatu I RT 02 RW 08. Temuan hasil penelitian menunjukkan keberhasilan program kebersihan MCK Plus dan sanitasi lingkungan yang diprakarsai oleh USAID maupun lembaga lokal dalam mengubah perilaku sosial kebersihan komunitas Petojo Binatu. Selain itu, peran aparatur RT/RW dalam memberikan penyuluhan dan sosialisasi menjadi kunci utama keberhasilan program kebersihan. Hadirnya program kebersihan, terutama MCK Plus berdampak pada perubahan perilaku sosial kebersihan komunitas Petojo Binatu, melalui penggunaan MCK Plus secara rutin dan berkelanjutan. Dalam pandangan Giddens, program kebersihan MCK Plus yang dimotori oleh aparatur RT maupun RW mengacu sebagai praktik sosial. Praktik sosial merupakan tindakan atau aktivitas yang dilakukan berulang-ulang sebagai akibat dari adanya dualitas (timbal balik) antara agen dengan struktur. Dalam konteks penelitian ini, program kebersihan merupakan hubungan dualitas antara penggerak MCK Plus (agen) dengan konsepsi kebersihan pada komunitas Petojo Binatu I RT 02 RW 08 (struktur).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Abdil Mughis, M.Si. ; 2). Yuanita Aprilandini, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:54
Last Modified: 31 Aug 2022 06:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34063

Actions (login required)

View Item View Item