UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (T.A.I)

RICHKY, . (2011) UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (T.A.I). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (37kB)
[img] Text
fix skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Team Asissted Individualization khususnya pada pokok bahasan Luas dan Keliling Jajargenjang dan Segitiga pada siswa kelas IV SD. Penelitian dilaksanakan di SDN Cempaka Baru 05 Pagi, yaitu kelas IVB tahun pelajaran 2011 – 2012. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian tindakan kelas dan model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Sebagai standar keberhasilan penelitian digunakan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan di sekolah kelas yaitu 70. Hasil belajar pada siklus I dengan rata-rata nilai siswa 70,2 meningkat pada siklus II yaitu dengan rata-rata nilai 73,2. Pada siklus ini belum mencapai hasil belajar yang maksimal sehingga dilakukan siklus III dengan rata-rata nilai siswa 79,8. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa tindakan yang telah dilakukan berhasil meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Asissted Individualization dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam mata pealajaran Matematika pada pokok bahasan Keliling dan Luas Jajargenjang dan Segitiga. ***** The purpose of this study is to improve student learning outcomes in mathematics courses through Cooperative learning model type Asissted Team Individualization in particular on the subject of Area and Circumference of parallelogram and triangle on the fourth grade students. The experiment was conducted in SDN Cempaka Baru 05 Pagi, namely class IVB of the school year 2011 - 2012. This study is a class action research and the model used in this study is a model developed by Kermmis and Taggart. As standard the success of the study used the Minimum Criteria for completeness (KKM) stipulated in the school class of 70. The outcomes of study on the cycle I with an average score of student are 70.2 increased in the second cycle with an average score of student are 73.2. In this cycle has not reached the maximum learning outcomes so that made the cycle III with an average score is 79.8. Then it can be concluded that the action has been done successfully improve learning outcomes in students' math class IV. The implications of the results of this study is a model of learning Cooperative Study Team Asissted Individualization can be used as a model of learning to improve student learning outcomes in grade IV eye on the subject of Mathematics Circumference and Area of parallelogram and triangle

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 05:45
Last Modified: 31 Aug 2022 05:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34122

Actions (login required)

View Item View Item