DISKRIMINASI HAK KERJA KEPADA KAUM WARIA (Studi Tentang Usaha Enam Waria yang Berbeda Profesi Dalam Memasuki Ranah Pekerjaan Sektor Formal di Jakarta)

CONOCO TRIANTO, . (2011) DISKRIMINASI HAK KERJA KEPADA KAUM WARIA (Studi Tentang Usaha Enam Waria yang Berbeda Profesi Dalam Memasuki Ranah Pekerjaan Sektor Formal di Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI CONOCO TRIANTO.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana usaha kaum waria dalam memasuki ranah pekerjaan sektor formal di Jakarta. Bagi kelompok minoritas yang orientasi seksualnya dianggap menyimpang, komunitas waria banyak mendapatkan perlakuan diskriminatif di segala bidang, termasuk bidang pekerjaan. Diskriminasi tersebut pada dasarnya terjadi karena dominasi heteroseksual telah mengukuhkan budaya heteronormativitas, yaitu suatu paham yang menganggap orientasi seksual selain heteroseksual adalah menyimpang dan harus dimusnahkan. Hal itu membuat kaum homoseksual termasuk waria menjadi terpojok dan terbatas ruang geraknya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kritis. Pendekatan kritis yang dipilih penulis dimaksudkan untuk memberi pembahasan yang mendalam dan juga berusaha membuktikan bahwa diskriminasi hak kerja pada waria benar-benar terjadi. Penulis melakukan wawancara di tempat-tempat terkait dengan pembahasan penulis, yaitu pertama, di lembaga-lembaga sosial yang khusus memperjuangkan hak-hak kaum waria seperti Arus Pelangi (Jakarta Selatan), Yayasan Srikandi Sejati (Jakarta Timur), serta Forum Komunikasi Waria (Depok). Kedua, penulis mengunjungi tempat para indorman kunci waria untuk melakukan wawancara mendalam dan mendapatkan informasi serta gambaran tentang diskriminasi yang terjadi pada waria, tempatnya masih di kawasan Jakarta. Terakhir, penulis mendatangi berbagai informan yang bukan dari pihak waria ataupun yang pro terhadap kaum waria untuk melakukan wawancara sambil lalu guna mencocokkan hasil hipotesis penulis tentang diskriminasi pada waria. Akhirnya dalam menganalisis seksualitas kaum waria, penulis menggunakan teori dari filsuf terkenal Michel foucault yang mengkritik wacana seksualitas dan orientasi seksual. Di sini penulis mendapatkan kesimpulan bahwa seksualitas sebenarnya adalah wacana yang dipengaruhi oleh relasi antara kekuasaan dan pengetahuan yang diatur oleh dominasi heteroseksual. Hal itu menyebabkan kaum LGBT mengalami perlakuan diskriminasi dalam berbagai bentuk, seperti kekerasan fisik, pengucilan, pelecehan, peneroran, pembedaan perlakuan dan sebagainya. Di sini penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa heteroseksualitas telah menciptakan stigma negatif pada kaum waria yang berimplikasi pada kondisi ketidakadilan di berbagai bidang kehidupan, terutama sektor pekerjaan formal seperti yang akan dibahas secara mendalam oleh penulis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rusfadia Saktiyanti Jahja, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 06:40
Last Modified: 31 Aug 2022 06:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34138

Actions (login required)

View Item View Item