FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PASAR INDUK CIBITUNG SEBAGAI SENTRA SAYUR-MAYUR DAN BUAH-BUAHAN DI KABUPATEN BEKASI, JAWA BARAT

ANDRIYANI DARAJAD, . (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PASAR INDUK CIBITUNG SEBAGAI SENTRA SAYUR-MAYUR DAN BUAH-BUAHAN DI KABUPATEN BEKASI, JAWA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ANDRIYANI DARAJAD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Pasar Induk Cibitung sebagai sentra sayur-mayur dan buah-buahan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Penelitian ini dilaksanakan di Pasar Induk Cibitung selama tiga bulan dari Oktober sampai dengan Desember 2011. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan informan kunci dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor aksesibilitas adalah faktor yang paling dominan mempengaruhi Pasar Induk Cibitung sebagai sentra sayur-mayur dan buah-buahan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Hal ini dikarenakan umumnya jarak antara lokasi Pasar Induk Cibitung dengan para pemasok adalah jauh sehingga membutuhkan waktu berjam-jam atau beberapa hari untuk sampai di Pasar Induk Cibitung ini karena mereka umumnya berasal dari daerah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Madura bahkan Sumatera. Tetapi, walaupun jarak antara para pemasok ke Pasar Induk Cibitung ini jauh namun dapat terjangkau oleh para pemasok maupun para pembeli karena tingkat aksesibilitas yang mudah untuk menuju lokasi pasar ini yaitu dengan kondisi jalan yang bagus serta tersedianya berbagai jenis angkutan umum dengan frekuensi yang cukup sering. Faktor aksesibilitas yang meliputi aspek jarak, lokasi dan tranportasi, berdasarkan hasil penelitian bahwa aspek transportasi dan aspek lokasi adalah yang paling mempengaruhi Pasar Induk Cibitung sebagai sentra sayur-mayur dan buahbuahan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Hal ini dikarenakan tingkat aksesibilitas yang mudah serta lokasi pasar yang strategis dan berada di Jalur Pantura serta dekat dengan akses Tol Cibitung dan Stasiun Cibitung sehingga memudahkan bagi para pedagang, pemasok maupun para pembeli untuk menuju lokasi Pasar Induk Cibitung ini. Lokasi pasar ini juga dekat dengan letak para pedagang eceran atau Pasar Tradisonal serta dekat dengan pemukiman penduduk. Faktor kedua yang mempengaruhi Pasar Induk Cibitung sebagai sentra sayurmayur dan buah-buahan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat adalah faktor ekonomi yang meliputi aspek adanya permintaan, biaya dan harga. Hal ini dikarenakan adanya permintaan masyarakat akan kebutuhan sayur-mayur dan buah-buahan lokal maupun impor. Selain itu, untuk meminimumkan biaya transportasi baik untuk para pemasok maupun para pembeli, serta harga sayur-mayur dan buah-buahan di Pasar Induk Cibitung ini memang relatif murah sehingga dapat terjangkau oleh para pembeli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Asma Irma Setianingsih, M.Si.; 2). Rayuna Handawati, S.Si,M.Si.
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:49
Last Modified: 31 Aug 2022 07:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34149

Actions (login required)

View Item View Item