PENERAPAN PERMAINAN HEDBANZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS BAGI WARGA BELAJAR PAKET B DI PKBMN 35 JAKARTA

TESALONIKA, . (2018) PENERAPAN PERMAINAN HEDBANZ SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS BAGI WARGA BELAJAR PAKET B DI PKBMN 35 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf

Download (20kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERSERTUJUAN SIDANG.pdf

Download (153kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (144kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
a. Bab 1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
e. Bab 5.pdf

Download (150kB)
[img] Text
b. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
c. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
d. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris melalui penerapan media permainan hedbanz pada materi procedure text terhadap warga belajar di PKBMN 35 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain penelitian Pre-Experimental Design, The One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah warga belajar paket B kelas 7 dan 8 sebanyak 20 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Nonprobability Sampling jenis Sampling Jenuh. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan tes hasil belajar dan kemudian data dianalisis menggunakan uji-t. hasil pengujian hipotesis dalam formulasi t-test pada taraf signifikan 5% maka diperoleh hasil thitung (26,01) > ttabel (1,671). Hasil dari penerapan media hedbanz dalam pembelajaran ini diperoleh melalui pre-test dan post-test terhadap warga belajar, maka diperoleh nilai rata-rata dari uji teori pada pre-test sebesar 46,85 dari 30 butir soal yang diujikan, dan pada post-test terjadi kenaikan sebanyak 25.75 poin (54,96%) yaitu mencapai 72,6. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan media permainan hedbanz dalam mata pelajaran bahasa Inggris terbukti mampu meningkatkan hasil belajar warga belajar pada materi Procedure Text yang dilakukan di PKBMN 35 Jakarta. Melalui penerapan media permainan hedbanz, diharapkan mampu membuat proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan lebih menarik, sehingga warga belajar yang mengikuti mata pelajaran Bahasa Inggris memiliki peningkatan dalam penguasaan kosakata Bahasa. Hal ini berarti bahwa tujuan dari penelitian ini telah tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Anan Sutisna 2) Dr. Henny Herawati BR.
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Feb 2020 11:02
Last Modified: 10 Feb 2020 11:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3419

Actions (login required)

View Item View Item