HUBUNGAN LITERASI LINGKUNGAN DAN PENGETAHUAN KONSEP MIKROPLASTIK DENGAN PERILAKU PRO-LINGKUNGAN PESERTA DIDIK SMA

NADA SYIFA AZAHRA, . (2022) HUBUNGAN LITERASI LINGKUNGAN DAN PENGETAHUAN KONSEP MIKROPLASTIK DENGAN PERILAKU PRO-LINGKUNGAN PESERTA DIDIK SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sampah plastik masuk ke lingkungan dengan berbagai macam ukuran. Mikroplastik adalah istilah untuk partikel plastik ukuran 1 nanometer hingga 5 milimeter. Hal-hal berkaitan dengan kemunculan, transportasi, efek biologis, dan metode manajemen terangkum dalam konsep mikroplastik. Peserta didik memiliki peran dalam pengendalian mikroplastik. Peserta didik dengan literasi lingkungan diharapkan mempunyai perilaku yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Literasi lingkungan mengenai pengetahuan konsep mikroplastik menjadi faktor terbentuknya perilaku pro-lingkungan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi lingkungan dan pengetahuan konsep mikroplastik dengan perilaku pro-lingkungan peserta didik SMA. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Cibinong pada semester genap 2021/2022. Sampel yang digunakan 80 peserta didik kelas 11. Deskriptif kuantitatif dengan studi korelasional digunakan dalam metode penelitian ini dan digunakan analisis koefisien korelasi, analisis regresi sederhana serta berganda. Hasil dari penelitian yang didapatkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara literasi lingkungan dengan perilaku pro-lingkungan peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar 0,262; pengetahuan konsep mikroplastik dengan perilaku pro-lingkungan peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar 0,272; dan terdapat hubungan antara literasi lingkungan dan pengetahuan konsep mikroplastik dengan perilaku pro-lingkungan peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar 0,325. Oleh karena itu diperlukan peningkatan literasi lingkungan dan pengetahuan konsep mikroplastik untuk meningkatkan perilaku pro-lingkungan peserta didik. Kata Kunci: literasi lingkungan, pengetahuan konsep mikroplastik, perilaku pro-lingkungan ********** Plastic waste enters the environment in various sizes, microplastic is term for plastic particles measuring 1 nanometer to 5 millimeters. Matters related to emergence, transportation, biological effects, and management methods are encapsulated in the concept of microplastics. Students have a role in controlling microplastics. Students with environmental literacy are expected to have environmentally responsible behavior. Environmental literacy regarding knowledge of microplastic concepts is factor in the formation of pro-environmental behavior of students. This study aims to determine the relationship between environmental literacy and knowledge of microplastic concepts with the pro-environmental behavior of high school students. The research was conducted at SMA Negeri 2 Cibinong in even semester of 2021/2022. The sample used was 80 students of class 11. A quantitative descriptive with correlational studies was used in this research method and used correlation coefficient analysis, simple and multiple regression analysis too. The results of study found that there was positive and significant relationship between environmental literacy and students’ pro-environmental behavior with correlation coefficient of 0.262; knowledge of microplastic concepts with students’ pro-environmental behavior with correlation coefficient of 0.272; and there was relationship between environmental literacy and knowledge of microplastic concepts with students’ pro-environmental behavior with correlation coefficient of 0.325. Therefore, it’s necessary to increase environmental literacy and knowledge of microplastic concepts to improve students' pro-environmental behavior. Keywords: environmental literacy, knowledge of microplastic concepts, pro-environmental behavior

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Suryanda, S.Pd.,M.Si. ; 2). Erna Heryanti, S.Hut.,M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 15689 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:37
Last Modified: 01 Sep 2022 05:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34211

Actions (login required)

View Item View Item