MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR 01 PAGI JAKARTA PUSAT

TIARA AZ’HARIANI, . (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR 01 PAGI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI TIARA AZ’HARIANI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Bendungan Hilir 01 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-C dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2017-Desember 2017 semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi sebagai dasar perencanaan ulang untuk penelitian selanjutnya. Pada siklus I, kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 17 orang siswa atau dengan presentase sebesar 68%. Pada siklus II ini telah mengalami peningkatan dengan memperoleh hasil kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 22 orang siswa atau dengan presentase sebesar 88%. Adapun presentase instrumen pemantau tindakan guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 55%, pertemuan 2 sebesar 60% pertemuan 3 sebesar 65% dan instrumen pemantau tindakan siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 52%, pertemuan 2 sebesar 56%, pertemuan 3 sebesar 64%. Adapun presentase instrumen pemantau tindakan guru pada siklus II pertemuan 1 sebesar 75%, pertemuan 2 sebesar 80% pertemuan 3 sebesar 85% dan instrumen pemantau tindakan siswa pada siklus II pertemuan 1 sebesar 76%, pertemuan 2 sebesar 80%, pertemuan 3 sebesar 84%. Implikasi dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD dalam pembelajaran IPS dapat meningkat dengan menerapkan pendekatan Problem Based Learning di dalam proses pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ir. Arita Marini, ME 2) Dra. Evita Adnan, M. Psi
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Feb 2020 11:09
Last Modified: 10 Feb 2020 11:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3422

Actions (login required)

View Item View Item