MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR 01 PAGI JAKARTA PUSAT

TIARA AZ’HARIANI, . (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BENDUNGAN HILIR 01 PAGI JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI TIARA AZ’HARIANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS melalui penerapan pendekatan Problem Based Learning pada siswa kelas V SD Negeri Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Bendungan Hilir 01 Pagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-C dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2017-Desember 2017 semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dengan melalui empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi sebagai dasar perencanaan ulang untuk penelitian selanjutnya. Pada siklus I, kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 17 orang siswa atau dengan presentase sebesar 68%. Pada siklus II ini telah mengalami peningkatan dengan memperoleh hasil kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPS yang mendapat nilai ≥70 sebanyak 22 orang siswa atau dengan presentase sebesar 88%. Adapun presentase instrumen pemantau tindakan guru pada siklus I pertemuan 1 sebesar 55%, pertemuan 2 sebesar 60% pertemuan 3 sebesar 65% dan instrumen pemantau tindakan siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 52%, pertemuan 2 sebesar 56%, pertemuan 3 sebesar 64%. Adapun presentase instrumen pemantau tindakan guru pada siklus II pertemuan 1 sebesar 75%, pertemuan 2 sebesar 80% pertemuan 3 sebesar 85% dan instrumen pemantau tindakan siswa pada siklus II pertemuan 1 sebesar 76%, pertemuan 2 sebesar 80%, pertemuan 3 sebesar 84%. Implikasi dari penelitian tindakan kelas ini adalah bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD dalam pembelajaran IPS dapat meningkat dengan menerapkan pendekatan Problem Based Learning di dalam proses pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Ir. Arita Marini, ME 2) Dra. Evita Adnan, M. Psi
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Feb 2020 11:09
Last Modified: 22 Sep 2025 02:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3422

Actions (login required)

View Item View Item