PENGEMBANGAN ELEKTRONIK LEMBAR KERJA SISWA (E-LKS) BERBASIS GAMIFIKASI SEBAGAI PENGAYAAN SISWA CERDAS ISTIMEWA

ILA NIKMATUL KHOIRIYAH, . (2022) PENGEMBANGAN ELEKTRONIK LEMBAR KERJA SISWA (E-LKS) BERBASIS GAMIFIKASI SEBAGAI PENGAYAAN SISWA CERDAS ISTIMEWA. Sarjana thesis, UNJIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media E-LKS berbasis gamifikasi sebagai pengayaan siswa cerdas istimewa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Alam Bekasi. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah 3 siswa menunjukkan superior (IQ 110 dan 120) dan gifted (IQ 130) dalam skala WISC (Weschler Intelligence Scale For Children) melalui tes IQ (Intelligence Quotient). Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model Lee and Owen. Produk yang dikembangkan telah ditinjau oleh ahli materi, ahli media, dan ahli keberbakatan. Tinjauan dari para ahli mendapatkan hasil rata-rata pada media yakni 82,6% dengan kategori baik, ahli materi yakni 90% dengan kategori sangat baik, ahli keberbakataan yakni 92% dengan kategori sangat baik. Evaluasi formatif terhadap E-LKS berbasis gamifikasi melalui uji coba one-to-one evaluation mendapatkan kategori sangat baik dengan nilai 100% . Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media E-LKS berbasis gamifikasi dapat digunakan untuk alternatif pengayaan bagi siswa cerdas istimewa. ***** The purpose of this research is to develop an electronic worksheets E-LKS based on gamification as enrichment for gifted students. This research was conducted in Sekolah Alam Bekasi. Students involved in this study was 3 students with superior (IQ 110 and 120) and gifted (IQ 130) intelligence level based on the WISC (Weschler Intelligence Scale for Children) by IQ (Intelligence Quotient) test. The method of the study is Research and Development using the Lee and Owen model. The product development process have been reviewed by material experts, media experts, and gifted experts. The result from media expert is 82,6% with category good,material experts is 90% with category very goog, gifted expert is 92% with category very good. The formative evaluation of E-LKS based on gamification through a one-to-one evaluation tes got a very good category with score of 100%. From the results, E-LKS based on gamification can be used for enrichment alternatives for gifted students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd. ; 2). Dr. Hartini Nara, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 15564 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 00:58
Last Modified: 18 Jan 2024 01:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34290

Actions (login required)

View Item View Item