PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMP IBNU HAJAR BOARDING SCHOOL MUNJUL JAKARTA TIMUR

ASTRID RIZKIYANI, . (2014) PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA GURU DI SMP IBNU HAJAR BOARDING SCHOOL MUNJUL JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
AWALAN.pdf

Download (286kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (226kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh antara Kompensasi Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru SMP Ibnu Hajar Di Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung mulai maret sampai dengan september 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kasualitas. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Ibnu Hajar yang berjumlah 42 orang. Berdasarkan populasi penelitian ini yang menjadi sampel adalah Guru di SMP Ibnu Hajar Boarding School yang berstatus Pegawai Tetap dan Pegawai Kontrak Yayasan dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara sensus. Data variabel kompensasi instrumen digunakan berbentuk kuesioner. Untuk data variabel motivasi berprestasi instrumen yang digunakan berbentuk kuesioner. Dan data variabel kinerja guru instrumen yang digunakan berbentuk kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan SPSS 17.0 dimulai dengan mencari uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode kolmogorov smirnov dan didapat nilai kompensasi sebesar 0,143, motivasi berprestasi sebesar 0,200, kinerja guru sebesar 0,200 dan residual sebesar 0,200 yang semuanya lebih dari signifikansi 0,05 maka data berdistribusi normal. Uji linearitas dapat dilihat dari hasil output test of linearity pada taraf signifikansi 0,05. Hasil uji linearitas kompensasi dan kinerja guru sebesar 0,000 yang kurang dari signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan kompensasi dengan kinerja guru mempunyai hubungan yang linear. Lalu hasil uji linearitas motivasi berprestasi dengan kinerja guru sebesar 0,000 yang kurang dari signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan data motivasi berprestasi dengan kinerja guru juga mempunyai hubungan yang linear. Persamaan struktural yang didapat adalah X3 = 0,373 X1 + 0,349 X2 + 0,772 ε2 dan R2 x3x2x1 = 0,386. Uji hipotesis yaitu uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung (12,239) > Ftabel (3,25), hal ini berarti kompensasi dan motivasi berprestasi berkontribusi secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Uji t menghasilkan thitung kompensasi yaitu (2,613) > ttabel (1,684) dan thitung motivasi berprestasi (2,448) > ttabel (1,684), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara kompensasi dengan kinerja guru dan motivasi berprestasi dengan kinerja guru. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat kontribusi secara signifikan antara kompensasi dan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru SMP Ibnu Hajar Boarding School sebesar 38,6%, variabel kinerja guru ditentukan oleh kompensasi dan motivasi berprestasi. This study aims to determine whether there between Compensation Effect on Performance And Achievement Motivation Teacher SMP Ibnu Hajar in East Jakarta. This study was conducted over 6 months from March until September 2013. The method used was a survey method with the approach of causality. The population of this study are all junior high teacher Ibnu Hajar, amounting to 42 people. Based on this study, the population sample was in junior high school teacher Ibnu Hajar whose status Boarding School Employees Foundation Permanent and Contract Employees using census sampling techniques. Data variable compensation in the form of instruments used questionnaire. For variable data instruments used achievement motivation questionnaire form . And variable data on teacher performance instrument that is used in the form of questionnaires. Data analysis techniques using SPSS 17.0 starts with finding the test requirements analysis is normality test using Kolmogorov Smirnov method and obtained compensation for the value of 0.143, achievement motivation of 0.200, teacher performance residual of 0.200 and of 0.200 of which are more than 0.05 then the data normal distribution. Linearity test can be seen from the output of the linearity test at significance level of 0.05. Compensation linearity test results and teacher performance of 0.000 is less than 0.05, it can be concluded with a performance teacher compensation has a linear relationship. Then the results of the linearity test of achievement motivation with teacher performance of 0.000 is less than 0.05, then the data can be inferred achievement motivation with teacher performance also has a linear relationship. Structural equation is obtained X3 = 0,373 X1 + 0,349 X2 + 0,772 ε2 and R2 x3x2x1 = 0,386. Test the hypothesis that the F test in the ANOVA table of F yield (12.239) > F (3.25), this means that the compensation and achievement motivation jointly contribute to the performance of teachers. T test which resulted in compensation of t (2.613) > t table (1.684) and thitung achievement motivation (2.448) > t table (1.684), it can be concluded that there is positive between teacher compensation to performance and achievement motivation with teacher performance. The results of these studies concluded that there is a significant contribution between compensation and achievement motivation on the performance of junior high school teacher Ibnu Hajar Boarding School at 38.6 %, the variable compensation is determined by the performance of teachers and achievement motivation .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Endang Sri Rahayu, M.Pd. ; 2). Dr. Siti Nurjanah, SE, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 10 Feb 2020 11:49
Last Modified: 10 Feb 2020 11:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3430

Actions (login required)

View Item View Item