FIRDA HALIZA SYIFA FAUZIYAH, . (2022) KONSTRUKSI MAKNA PERILAKU PEKERJAAN SUGAR BABY PADA WANITA PERKOTAAN (STUDI KASUS PADA 3 PEREMPUAN DI MALL LOKASARI, JAKARTA BARAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (858kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (852kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (623kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (649kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (348kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (592kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan utama penelitian ini yaitu; untuk mendeskripsikan konstruksi makna perilaku pekerjaan sebagai sugar baby bagi wanita perkotaan di Mall Lokasari Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data pada penelitian ini diperoleh dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Penelitian memiliki 3 narasumber yang dijadikan sebagai subjek utama penelitian, yaitu ada 3 perempuan pekerja sugar baby. Kemudian terdapat 1 pekerja di lingkungan Mall Lokasari Jakarta Barat dan 1 masyarakat sekitar yang berada di Mall Lokasari Jakarta Barat sebagai triangulasi data. Lokasi penelitian ini di Mall Lokasari Jakarta Barat Juli 2022. Penelitian ini dimulai sejak Juli 2021 sampai Agustus 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, para perempuan yang bekerja sebagai sugar baby memaknai pekerjaan yang menjanjikan, pekerjaan yang dapat menghasilkan pendapatan yang besar, menganggap bahwa pekerjaan sebagai sugar baby merupakan hal yang lumrah dilakukan. Dengan menjadi sugar baby mereka dapat menjalani kehidupan yang mudah dan instan karena menghasilkan pendapatan yang besar. Proses makna tersebut berasal dari konteks sosial informan yaitu lingkungan pertemanan melalui interaksi sosial dan komunikasi. Selain itu ada konteks lainnya seperti lingkungan sekitar yang mendukung dan konteks keluarga yang kurang pengawasan. Sehingga menghasilkan makna sugar baby yang membentuk diri perempuan. Selain itu, melakukan pekerjaan ini merupakan sebuah tindakan perilaku menyimpang sebab, tidak sesuai dengan nilai-norma yang ada di masyarakat Indonesia. Nilai norma yang dilanggar di antaranya adalah ketidaksetiaan dalam pernikahan, kebohongan terhadap keluarga, dan hubungan romantis yang di komersialkan. ***** The main objectives of this research are; to describe the construction of the meaning of work behavior as a sugar baby for urban women in Lokasari Mall, West Jakarta. This research uses a qualitative approach with a case study method. The data in this study were obtained by observation, interviews, and literature study. The study had 3 resource persons who were used as the main research subjects, namely 3 female sugar baby. Then there is 1 worker in the Lokasari Mall, West Jakarta and 1 local community in the Lokasari Mall, West Jakarta as data triangulation. The location of this research is in Mall Lokasari, West Jakarta, July 2022. This research starts from July 2021 to August 2022. The results of this study indicate that, women who work as sugar babies interpret a promising job, a job that can generate a large income, assume that work as a sugar baby is a common thing to do. By becoming a sugar baby they can live an easy and instant life because it generates a large income. The meaning process comes from the social context of the informant, namely the environment of friendship through social interaction and communication. In addition, there are other contexts such as a supportive environment and a family context that is less supervised. So that it produces the meaning of sugar baby which forms a woman's self. Besides, doing work This is an act of deviant behavior because it is not in accordance with the norms that exist in Indonesian society. The norms that are violated include unfaithfulness in marriage, lies to family, and commercialized romantic relationships
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM. M.Si ; 2). Achmad Siswanto, M.Si |
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Users 15209 not found. |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 06:01 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 06:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34364 |
Actions (login required)
View Item |