PENGARUH TINGKAT DISIPLIN DAN TINGKAT PENCAPAIAN NILAI KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA GONZAGA JAKARTA

IRENEUS MARIO, . (2020) PENGARUH TINGKAT DISIPLIN DAN TINGKAT PENCAPAIAN NILAI KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA GONZAGA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (828kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (809kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh tingkat disiplin dan tingkat pencapaian nilai karakter terhadap prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Gonzaga Jakarta. Penelitian ini menggunakan variabel tingkat disiplin dan tingkat pencapaian karakter sebagai variabel bebas (variabel X), serta variabel hasil belajar peserta didik sebagai variabel terikat (variabel Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan di SMA Gonzaga Jakarta selama empat bulan, yakni pada bulan Mei – Agustus 2019. Subjek penelitian ini terdiri dari 83 responden dari peserta didik kelas XI IPS SMA Gonzaga pada tahun pelajaran 2019/2020. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner yang memuat 85 (delapan puluh lima) butir item soal. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan aplikasi SPSS 16 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal. Pertama, kekuatan hubungan tingkat disiplin terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Gonzaga menunjukkan angka sebesar 0,304. Kedua, kekuatan hubungan tingkat pencapaian nilai karakter terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Gonzaga menunjukkan angka sebesar 0,399. Ketiga, kekuatan hubungan tingkat disiplin dna tingkat pencapaian nilai karakter terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Gonzaga menunjukkan angka sebesar 0,425. Hal ini dilihat dari pengawasan yang dilakukan secara berjenjang dari segala arah, hingga adanya unsur paksaan dalam menjalankan tata tertib. Pengawasan menjadi standar nilai yang ditetapkan SMA Gonzaga dengan berpedoman pada 18 (delapan belas) bentuk karakter menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sistem evaluasi dalam praktik kedisiplinan mengombinasikan pengawasan dan standar nilai sekolah. Sistem evaluasi di SMA Gonzaga menuntut peserta didik untuk mampu mengevaluasi dirinya secara objektif dan mandiri. Hasil belajar yang diperoleh peserta didik dapat maksimal melalui tiga tahap pendisiplinan di sekolah. This study aimed to measure the level of discipline and the level of character assessment of the learning achievement of XI IPS grade students at Gonzaga College Jakarta. This study uses the discipline level variable and the character participation level as the independent variable (X variable), and the student learning outcome variable as the dependent variable (Y variable). This study uses quantitative survey methods. Data collection was carried out at Gonzaga High School Jakarta for four months, in May — August 2019. The subjects of this study consisted of 83 respondents from class XI IPS students of Gonzaga College in the 2019/2020 school year. The data collection process was carried out by distributing questionnaires that discussed 85 (thirty-five) items. Data processing and analysis techniques using SPSS 16 and Microsoft Excel applications. The results showed three things. First, the level of strength of the relationship to the learning outcomes of XI IPS high school students at Gonzaga College showed a figure of 0.304. Second, the strength of the high level of relationship between character values and the learning outcomes of XI IPS high school students in Gonzaga College showed a figure of 0.399. Class XI IPS at Gonzaga College shows a figure of 0.425. This can be seen from the supervision conducted in stages from all directions, until there is no compulsion in carrying out the rules. Supervision is the standard value set by Gonzaga College based on 18 character shapes according to the Ministry of Education and Culture. The assessment system in disciplinary practice combines supervision and school grades. The evaluation system at Gonzaga College requires students to be able to ask for objective and independent assistance. Learning outcomes obtained by students can be maximized through three stages of discipline in schools.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, M.M., M.Si. ; 2). Dr. Ahmad Tarmiji Alkhudri, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 270 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2020 10:24
Last Modified: 12 Feb 2020 10:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3443

Actions (login required)

View Item View Item