PENDIDIKAN MADRASAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS (Studi Kasus: MAN 2 Kota Tangerang)

MUHAMMAD ZAINUL MAFAKHIR, . (2022) PENDIDIKAN MADRASAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KRITIS (Studi Kasus: MAN 2 Kota Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (383kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini secara garis besar memiliki tujuan untuk mendeskripsikan mengenai praktik pendidikan di MAN 2 Kota Tangerang dilihat dari perspektif pendidikan kritis, implementasi pendidikan kritis di MAN 2 Kota Tangerang, dan perspektif sosiologis menjelaskan praktik pendidikan kritis di MAN 2 Kota Tangerang. Penelitian ini menunjukan bagaimana proses pendidikan keagamaan dapat menjadikan pendidikan kritis sebagai poros kedua perkembangan konseptualisasi pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian di dalam diskursus ini ada sebanyak 5 informan kunci, yaitu 1 orang merupakan pimpinan dari institusi MAN 2 Kota Tangerang dan 4 orang lainnya sebagai pendidik di MAN 2 Kota Tangerang serta 3 orang sebagai informan untuk data triangulasi dengan 2 orang sebagai walimurid dan 1 orang merupakan pendidik BP/BK MAN 2 Kota Tangerang. Lokasi penelitian ini dilakukan di MAN 2 Kota Tangerang, Jl. Panglima Polim No.6 Cipondoh, Banten yang dimulai sejak April hingga Juni 2022. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pendidikan keagamaan merupakan salah satu bentuk dari pendidikan yang dapat menciptakan pendidikan dogmatis melalui beberapa indoktrinasi yang terjadi dalam proses belajar mengajar. Pendidikan dogmatis dan indoktrinasi ajaran-ajaran agama Islam ini dapat menjadi salah satu ancaman juga sebagai keuntungan bagi para pendidik dan masyarakat sekitar. Pendidikan dogmatis dan indoktrinasi pendidikan keagamaan di MAN 2 Kota Tangerang merupakan hal yang dianggap pasti dan akan selalu ada, karena bentuk dan model pendidikan yang berjalan di institusi tersebut. Menurut para pendidik di MAN 2 Kota Tangerang, doktrin-doktrin dari pendidikan Islam tidaklah jauh dari membentuk pribadi yang kritis dan memiliki empati yang tinggi terhadap lingkungan sekitar mereka. ***** This study broadly aims to describe educational practices at MAN 2 Tangerang City from the perspective of critical education, the implementation of critical education at MAN 2 Tangerang City, and a sociological perspective to explain critical education practices at MAN 2 Tangerang City. This study shows how the process of religious education can make critical education the second axis of the development of the conceptualization of Islamic education. This research conducted with a qualitative approach using a case study method. Research data obtained through in-depth interviews, observation, and documentation. There are 5 reasearch subjects in this discourse with 5 key informants, namely 1 person is the leader of the MAN 2 Tangerang City institution and 4 other people as educators at MAN 2 Tangerang City and 3 people as informants for triangulation data with 2 people as student parents/guardians and 1 person is an educator for Guidance and Counseling at MAN 2 Tangerang City. The location of this research was conducted at MAN 2 Tangerang City, Panglima Polim street Number 6 Cipondoh, Banten, started from April to June 2022. The results of this study explain that religious education is one form of education that can create dogmatic education through some indoctrination that occurs in the teaching and learning process. This dogmatic education and indoctrination of Islamic religious teachings can be a threat as well as an advantage for educators and the surrounding community. Dogmatic education and indoctrination of religious education at MAN 2 Tangerang City are things that are considered certain and will always exist, because of the forms and models of education that run in these institutions. According to educators at MAN 2 Kota Tangerang, the doctrines of Islamic education against dangerous personal existence have high empathy for their environment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rakhmat Hidayat, PhD 2). Suyuti, M.Pd
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Filsafat, Psikologi & Agama > Teologi dan Doktrin Agama
Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 15817 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2022 06:11
Last Modified: 02 Sep 2022 06:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34509

Actions (login required)

View Item View Item