PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEORI MESIN BUBUT SISWA DI SMK JAKARTA 1

MUHAMMAD ARDIAN DWI DARMA PRASAJA, . (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEORI MESIN BUBUT SISWA DI SMK JAKARTA 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertolak dari permasalahan yang ada di SMK Jakarta 1. Berdasarkan pengamatan awal menunjukan adanya masalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teori mesin bubut. Salah satu penyebabnya yaitu metode yang digunakan pendidik dalam menyampaikan informasi dan materi tidak sesuai yang dikarenakan hanya memakai metode ceramah (teacher centered). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa. Pada penelitian kali ini, peneliti menggunakan metode eksperimen (one group pretest-posttest design) dengan pendeketan kuantitatif yang terdiri dari populasi berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pre test 40 dan post test 84. Analisis uji hipotesis menggunakan uji-t dengan hasil t-hitung sebesar 21,36 dan t-tabel pada taraf signifikan 0,05 sebesar 1,708, maka t-hitung > t-tabel. Dengan demikian H0 ditolak yang berarti bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil beelajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Teori Mesin Bubut. ***** This research departs from the problems that exist in SMK Jakarta 1. Based on initial observations, it shows that there are problems in improving student learning outcomes in lathe theory subjects. One of the reasons is that the method used by teachers in conveying information and material is not appropriate because it only uses the lecture method (teacher centered). This study aims to determine the effect of the project-based learning model on student learning outcomes. In this study, the researcher used an experimental method (one group pretest-posttest design) with a quantitative approach consisting of a population of 27 students. The results of this study indicate an increase in student learning outcomes. From the results of the study, the average value of the pre test was 40 and the post test was 84. Analysis of hypothesis testing using t-test with t-count results of 21.36 and t-table at a significant level of 0.05 of 1.708, then t-count > t-table. With the result, H0 is rejected, which means that the use of the project-based learning model shows a significant influence on the learning outcomes of class XII students on Lathe Theory.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Agus Dudung, M.Pd. ; 2). Drs. Tri Bambang AK, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 15834 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 05:19
Last Modified: 05 Sep 2022 05:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34527

Actions (login required)

View Item View Item