PENERAPAN KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN OLEH GURU SEJARAH SMA NEGERI 60 JAKARTA

SUSI MUNINGGAR, . (2011) PENERAPAN KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN OLEH GURU SEJARAH SMA NEGERI 60 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SIAP II edit rental (Recovered).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Susi scan.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana Penerapan Keterampilan Dasar Mengajar Membuka dan Menutup Pelajaran oleh Guru Sejarah di SMA Negeri 60 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai April 2011. Pada penelitian ini permasalahan utama yang diteliti adalah bagaimana penerapan keterampilan dasar membuka dan menutup pelajaran yang dilakukan oleh guru sejarah di SMA Negeri 60 Jakarta sehingga menciptakan kondisi pembelajaran yang menyenangkan dan membantu siswa dalam memahami pembelajran sejarah. Fokus penelitian ini meliputi tingkat intensitas penggunaan keterampilan membuka dan menutup pelajaran dan memfokuskan siswa pada pembelajaran sejarah, memberi motivasi pada siswa, memberi acuan tentang indikator sampai tugas yang akan dikerjakan setelah materi selesai. Sedangkan untuk menutup pembelajaran memfokuskan pada mengambil kesimpulan dan memberikan evaluasi kepada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dimulai dengan kegiatan observasi di lapangan dan pengumpulan data melalui catatan lapangan dan wawancara mengenai penerapan keterampilan dasar mengajar membuka dan menutup pelajaran oleh guru sejarah. Sumber data yang digunakan dalam penelitian yaitu informan kunci dan informan inti. Informan kunci adalah Wakil Kepala Sekolah. Informan inti adalah Guru Sejarah dan siswa SMAN 60 Jakarta. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triagulasi sebagai penguji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan keterampilan dasar mengajar telah digunakan oleh guru sejarah SMAN 60 Jakarta. Dengan cirri guru selalu mengawali pembelajaran sejarah dengan membuka pembelajran menarik perhatian sama dengan motto 3 S (senyum, salam, sapa), lalu mengapresiasi siswanya dengan meminta siswanya bertanya atau bertanya kepada siswanya tentang materi yang telah lalu, dan mengaitkan materi berikutnya dengan materi sebelumnya dan memotivasi siswanya. Dalam menutup pelajaran guru tak lupa mengajak siswanya menarik kesimpulan dari materi yang telah dipelajari pada hari itu dan memberikan evaluasi kepada siswanya dengan tujuan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa pada materi hari itu. Kesimpulan, penerapan keterampilan dasar mengajar membuka dan menutup pelajaran memiliki peranan yang cukup penting walau tak dapat dipisahkan dari keterampilan dasar mengajar lainnya namun, dari hasil pengamatan yang telah dilakukan ternyata keterampilan ini membantu siswa dalam memahami pelajaran sejarah serta dari keterampilan membuka dan menutup ini namun, keterampilan ini tidak dapat berdiri sendiri, keterkaitan antara keterampilan yang satu dengan yang lain ternyata lebih mengoptimalkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Corry Iriani R, M.Pd; 2). Drs. M. Fakhruddin, M.Si.
Subjects: Sejarah Dunia > Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 05:41
Last Modified: 07 Sep 2022 05:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34530

Actions (login required)

View Item View Item