BUDAYA DEMOKRASI PADA MASYARAKAT PLURAL ( SUATU STUDI DESKRIPTIF DI WILAYAH PONDOK BENDA KELURAHAN JATIRASA KECAMATAN JATIASIH )

RIZKY AGUSETIAWAN, . (2011) BUDAYA DEMOKRASI PADA MASYARAKAT PLURAL ( SUATU STUDI DESKRIPTIF DI WILAYAH PONDOK BENDA KELURAHAN JATIRASA KECAMATAN JATIASIH ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FILE 1_SKRIPSI SCR UTUH DARI MULAI JUDUL - LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang pemahaman masyarakat Pondok Benda tentang Budaya Demokrasi Pada Masyarakat Plural. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dari Bulan November 2010 sampai dengan Bulan Februari 2011. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pedoman wawancara. Wawancara dilakukan terhadap 9 orang Informan yang terdiri dari ; Tokoh Masyarakat, Suku Betawi, Etnik Tionghoa, Suku Jawa, Suku Sunda, Tokoh Agama Kristen, Suku Batak, Tokoh Agama Islam dan Tokoh Kepemudaan. Sedangkan untuk Key Informan adalah Bapak H. Sujito selaku Lurah Jatirasa yang bertugas di sekitar Wilayah Pondok Benda Kelurahan Jatirasa Kecamatan Jatiasih. Hasil penilitian menunjukkan bahwa dengan adanya Budaya Demokrasi Pada Masyarakat Plural Di Wilayah Pondok Benda Kelurahan Jatirasa Kecamatan Jatiasih ini dapat membangun budaya demokrasi pada masyarakat plural dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari patokan atau indikator dalam suatu budaya demokrasi pada masyarakat plural yang di tunjukkan adanya gejala-gejala kehidupan demokrasi yang dapat dilihat dari sikap dan pola perilaku masyarakat. Sikap dan pola perilaku yang berpandangan hidup untuk mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perilaku yang sama terhadap semua warga Negara dapat diwujudkan dalam kehidupan seharihari, seperti menyelesaikan persoalan melalui permusyawaratan, menghormati berbagai pendapat yang berbeda dan mempertimbangkan serta dapat i memahaminya, mengajak segenap lapisan masyarakat dan berbagai komponen yang ada untuk berpartisipasi aktif dalam pemerintahan, menumbuhkan semangat untuk berdemokrasi, mentaati peraturan yang berlaku, menghormati HAM, serta hidup berdampingan secara damai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Wuri, M.Si; 2). Drs. Suhadi, M.Si.
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 05:42
Last Modified: 07 Sep 2022 05:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34533

Actions (login required)

View Item View Item