EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KELUARGA SEHAT DI BALAI PELATIHAN KESEHATAN (BAPELKES) PROVINSI RIAU

TIN GUSTINA, . (2022) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KELUARGA SEHAT DI BALAI PELATIHAN KESEHATAN (BAPELKES) PROVINSI RIAU. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02 BAB I Tin.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03 BAB II Tin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III Tin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV Tin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V Tin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA Tin.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08 LAMPIRAN konpress.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi tentang ketercapaian tujuan serta keberhasilan program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Keluarga Sehat (KS) di Bapelkes Provinsi Riau. Secara khusus evaluasi tersebut bertujuan untuk memperoleh data dan informasi tentang tanggapan peserta Diklat terhadap Diklat keluarga sehat, untuk menganalisis hasil belajar program Diklat Keluarga Sehat, untuk menganalisis penerapan hasil pembelajaran dan perubahan sikap yang di timbulkan terhadap perilaku,pengetahuan dan keterampilan peserta diklat di unit kerja peserta diklat dan untuk menganalisis dampak dari diklat keluarga sehat. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan model evaluasi Kirkpatrick. Penelitian dilaksanakan di Bapelkes Provinsi Riau. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, 1) reaction/tanggapan, bahwa tanggapan peserta diklat terhadap pelaksanaan program diklat yang berkaitan dengan waktu dan durasi diklat, kecocokan materi di tempat kerja, dan performansi widyaiswara, secara umum peserta menganggap bahwa diklat Keluarga Sehat telah berjalan efektif sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Satu temuan penting dari tanggapan peserta diklat yaitu adanya materi diklat yang tidak aplikatif bagi peserta diklat karena materi tersebut tidak berkaitan langsung dengan kebutuhan mereka di lapangan; 2)learning/pembelajaran, peserta didik dapat menguasai materi secara kognitif dengan hasil pencapaian meningkat sebanyak 75%; 3) Behavior/prilaku, perubahan perilaku kerja dalam aspek loyalitas yang meliputi kebiasaan kerja seperti tingkat kehadiran dan ketepatan waktu menunjukan rata-rata perubahan dalamkategori baik, persepsi alumni terhadap pekerjaan dan lembaga cenderung lebih baik; 4) Result/hasil, , dampak terhadap unit kerja (Puskesmas) setelah alumni mengikuti Diklat KS adalah meningkatnya nilai Indek Keluarga Sehat (IKS). ***** The purpose of this study was to evaluate how the implementation of healthy family education and training in Bapelkes Riau Provincial Health Office. Specifically, the evaluation aims to analyze the reactions of students to healthy family education and training, to analyze the learning outcomes of the healthy family education and training program, to analyze the application of learning outcomes and changes in attitudes that result from the behavior, knowledge and skills of training participants in the training participants' work units and to analyze the impact of healthy family education and training. This research approach is descriptive qualitative using Kirkpatrick's evaluation model. The research was carried out at Bapelkes Health Office of Riau Province. The results of the study concluded that , 1) reactions, that the training participants' responses to the implementation of the training program related to the time and duration of the training, the suitability of the material at work, and the performance of the widyaiswara, in general, the participants considered that the ‘Keluarga Sehat’ training had been running effectively in accordance with the stated objectives; 2) learning, students can master the material cognitively with an increase in achievement of 75%; 3) Behavior, changes in behavior in the aspect of loyalty which include work habits such as attendance and punctuality indicate an average change in the good category, alumni perceptions of work and institutions tend to be better; 4) Result/results, the impact on the work unit after participating in the KS Training is increasing the impact of ‘Keluarga Sehat (KS)’ index

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zulfiati Syahrial ; 2). Prof. Dr. Nurdin Ibrahim
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 15878 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2022 04:56
Last Modified: 08 Sep 2022 04:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34586

Actions (login required)

View Item View Item