ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSETUJUAN PENGAJUAN KREDIT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA LEMBAGA PEMBIAYAAN PEER TO PEER LENDING DI MASA COVID-19

AZIZAH SAVITRI, . (2022) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSETUJUAN PENGAJUAN KREDIT USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA LEMBAGA PEMBIAYAAN PEER TO PEER LENDING DI MASA COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (499kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB) | Request a copy

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan penguat perekenomian Indonesia, karena memiliki kontribusi yang besar dalam pertumbuhan ekonomi di Indoensia, namun semenjak munculnya COVID-19 UMKM mengalami penurunan penjualan. Menurut Badan Pusat Statistik, ekonomi Indonesia menunjukkan angka minus 5,3 persen. Hal tersebut mempengaruhi penurunan modal UMKM yang saat ini masih dalam permasalahan internal UMKM.Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi persetujuan pengajuan kredit UMKM pada lembaga pembiayan peer to peer lending di masa COVID-19. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari website peer to peer lending, kementrian koperasi dan usaha mikro kecil menengah, laporan berita perkembangan fintech dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan regresi probit yang dibantu olah data melalui aplikasi IBM SPSS Statistik 25. Variabel dependen yang diguanakan peneliti yaitu persetujuan pengajuan kredit yang termasuk variable dummy sedangkan variabel independen yang digunakan dalam penelitian yaitu jumlah pinjaman, lama usaha dan jangka waktu kredit. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa jumlah pinjaman dan jangka waktu kredit memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan dengan persetujuan pengajuan kredit, sedangkan lama usaha memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap persetujuan pengajuan kredit. Melalui penelitian ini diharapkan dapat membantu UMKM untuk mengajukan pembiayaan di lembaga peer to peer lending.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Sri Indah Nikensari, S.E., M.S.E. ; 2). Dr. Suparno, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 15471 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:37
Last Modified: 02 Sep 2022 07:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34605

Actions (login required)

View Item View Item