PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

NOVI ARYANI, . (2022) PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (313kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

*ABSTRAK* Pendidikan dan kurikulum merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Kurikulum menjadi pedoman dalam melaksanakan pembelajaran. Kurikulum sekolah penggerak yang diterapkan sejak Februari 2021 merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan visi pendidikan Indonesia. Kurikulum sekolah penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar secara holistik melalui perwujudan Profil Pelajar Pancasila. Berpikir kritis merupakan salah satu karakter yang terdapat dalam Profil Pelajar Pancasila. Biologi merupakan salah satu mata pelajaran yang direkomendasikan dalam kurikulum sekolah penggerak. Salah satu materi dalam pembelajaran Biologi yang membutuhkan kemampuan berpikir kritis siswa adalah materi perubahan lingkungan. Materi ini banyak membahas permasalahan-permasalahan lingkungan yang terjadi dan menuntut siswa untuk dapat menganalisis penyebab serta merumuskan alternatif solusi terkait permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum sekolah penggerak terhadap kemampuan berpikir krits siswa SMA pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 93 Jakarta dan SMA Negeri 106 Jakarta pada bulan Februari – Juni 2022. Metode yang digunakan adalah metode ex post facto dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini adalah 191 siswa kelas X yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi penerapan kurikulum sekolah penggerak dan instrumen tes uraian kemampuan berpikir kritis siswa tentang materi perubahan lingkungan. Perhitungan uji-t menunjukkan hasil bahwa implementasi kurikulum sekolah pengerak berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis siswa SMA. Aktivitas-aktivitas atau konten yang terdapat di dalam modul pembelajaran kurikulum sekolah penggerak terbukti dapat mengaktifkan sensor siswa sehingga mampu memaksimalkan kemampuan berpikir kritisnya. *ABSTRACT* Education and curriculum are two things that cannot be separated. The curriculum becomes a guide in implementing learning. Sekolah penggerak curriculum implemented since February 2021 is one of the efforts to realize the vision of Indonesian education. This curriculum focuses on developing learning outcomes holistically through the realization of the Pancasila student profile.. Critical thinking is one of the characters in the profile of Pancasila students. Biology is one of the recommended subjects in the sekolah penggerak curriculum. One of the materials in biology learning that requires students critical thinking skills is environmental change material. This material discusses many environmental problems that occur and requires students to be able to analyze the causes and formulate alternative solutions related to these problems. The purpose of this study was to determine the effect of implementation the sekolah penggerak curriculum on critical thinking skills of high school students on the material of environmental change. This study was carried ot at SMA Negeri 93 Jakarta and SMA Negeri 106 Jakarta in February – June 2022. The method used was an ex post facto method with a quantitative descriptive approach. The number of samples in this study were 191 students of grade X who were selected using simple random sampling technique. Data collection instruments used were observation sheet implementation of the sekolah penggerak curriculum and test instrument of students critical thinking skills about environmental change material. The result of the t-test shows that the implementation of the sekolah penggerak curriculum affects the critical thinking skiils of high school students. Activities or content contained in the learning module of the sekolah penggerak curriculum are proven to activate student sensors so that they can maximize their critical thinking skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Eka Putri Azrai, S.Pd., M.Si 2) Ade Suryanda, S.Pd., M.Si
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 15688 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:23
Last Modified: 05 Sep 2022 03:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34656

Actions (login required)

View Item View Item