PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN PERMAINAN 4 ON 4 UNTUK KELAS XI SMA NEGERI 45 JAKARTA UTARA

SURATIJO, . (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MENGGUNAKAN PERMAINAN 4 ON 4 UNTUK KELAS XI SMA NEGERI 45 JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI AKARTA.

[img] Text
COVER (2).pdf

Download (961kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (277kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli melalui metode bermain permainan 4 on 4 pada siswa sekolah menengah atas. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 45 Jakarta Utara pada bulan Mei sampai Juni 2022. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa kelas XI SMA Negeri 45 Jakarta dengan menggunakan Teknik total sampling maka diperoleh 40 sampel penelitian dengan 21 laki-laki dan 19 perempuan. Penelitian dilakukan dengan melakukan dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan norma penilaian passing bawah. Hasil data penelitian diperoleh bahwa: (1) Penerapan metode bermain dalam proses hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa sekolah menengah atas. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 25,0%; (2) Respon positif mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini tergambar dari kenaikan nilai tes passing bawah siswa sebesar 12,5% dari siklus I ke siklus II; (3) Terdapat peningkatan hasil belajar passing bawah dengan menggunakan metode bermain pada siswa sekolah menengah atas. This study aims to determine the increase in learning outcomes of underpassing in volleyball games through the 4 on 4 game playing method in high school students. The method used is an action research method. The study was conducted at SMA Negeri 45 North Jakarta from May to June 2022. The population in this study amounted to 40 students of class XI SMA Negeri 45 Jakarta using total sampling technique, so that there were 40 research samples with 21 males and 19 females. The research was conducted by conducting two cycles. The data collection technique uses the bottom passing assessment norm. The results of the research data obtained that: (1) The application of the playing method in the process of learning outcomes of volleyball underpassing in high school students. This can be seen from the increase in students' volleyball bottom passing learning outcomes from cycle I and cycle II by 25.0%; (2) The positive response has increased significantly. This is illustrated by the increase in students' passing test scores by 12.5% ​​from cycle I to cycle II; (3) There is an increase in learning outcomes for passing down by using the playing method for high school students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Samsudin, M.Pd. ; 2). Dr. Iwan Setiawan, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Voli
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 15178 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 02:54
Last Modified: 05 Sep 2022 02:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34697

Actions (login required)

View Item View Item