MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENDEKATAN BERBASIS FONIK PADA SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS V DI SLB MEKAR SARI 1 CIBINONG

IKA RAHAYU, . (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PENDEKATAN BERBASIS FONIK PADA SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS V DI SLB MEKAR SARI 1 CIBINONG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Siswa dengan hambatan intelektual ringan sering kali menunjukkan kesulitan dalam aktivitas membaca, seperti yang ditemukan pada 3 siswa kelas V di SLB Mekar Sari 1 Cibinong. Siswa mengalami kesulitan dalam membaca kata walaupun telah mengenal huruf. Peneliti mengamati bagaimana guru mengajarkan membaca di kelas karena cara guru mengajar memberikan kontribusi terhadap kemajuan membaca siswa. Penggunaan pendekatan membaca yang dilakukan oleh guru ternyata kurang optimal sehingga peneliti menggagas alternatif lain yaitu dengan pendekatan berbasis fonik. Media teks bacaan sederhana dan alat pendukung berupa Large Moveable Alphabet (LMA) serta flashcards suku kata digunakan saat intervensi berlangsung. Oleh karenanya, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efek penerapan pendekatan berbasis fonik dengan media dan alat pendukung terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dengan hambatan intelektual ringan kelas V. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, terdiri dari dua siklus dengan total 10 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dibuktikan dengan rata-rata nilai yang terus meningkat dari kondisi awal sebesar 42,7 sampai setelah siklus II sebesar 72,6. Siswa dapat mengenal lebih banyak huruf, membaca suku kata, dan membaca kata yang ditargetkan. Selama tindakan berlangsung, terjadi peer tutoring di antara siswa. Bahkan, siswa dapat menyusun suku kata atau kata di luar target. Dengan demikian, pendekatan berbasis fonik dapat dipertimbangkan sebagai salah satu pendekatan pembelajaran membaca permulaan bagi siswa dengan hambatan intelektual ringan khususnya bagi siswa yang telah mengenal beberapa huruf sebelumnya. ***** Students with Mild Intellectual Disabilities (MID) often show difficulty in reading activities, as was found in 3 students in 5th grade. Students have difficulty in reading words even though they already know the letters. The researcher observed how the teacher taught reading in the classroom because the learning intervention of reading contributed to the students’ reading progress. The use of reading intervention by the teacher turned out to be less than optimal, accordingly replaced by phonics-based approach. Learning media and tools like short-story, Large Moveable Alphabet (LMA), and syllable flashcards were used during the intervention. Therefore, the purpose of this study was to determine the effect of phonics-based approach with supporting learning media and tools on enhancing the early reading skills of students with mild intellectual disabilities. This study is action research with Kemmis and McTaggart’s design, consisting of 2 cycles with a total of 10 meetings. The results showed that the reading skills of students’ with mild intellectual disability increased as evidenced by the average score from 42.7 to 72.6. Students can recognize more letters, read syllables, and read targeted words. During the intervention, peer tutoring occurs among students. In fact, students can arrange syllables or words off the target. Thus, phonics-based approach can be considered as an approach of learning early reading for students with mild intellectual disabilities, especially for students who already know a few letters before.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indina Tarjiah, M.Pd. ; 2). Dr. Asep Supena, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Pendidikan Khusus > Bimbingan Siswa dan Penyuluhan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 15579 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 05:17
Last Modified: 07 Sep 2022 05:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34749

Actions (login required)

View Item View Item