KETIDAKADILAN GENDER PADA KELUARGA PROFESI GURU DI TENGAH PANDEMI (Studi Kasus: Empat Keluarga Pasangan Guru Kalangan Menengah di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang)

SYEFI RAHMAH, . (2022) KETIDAKADILAN GENDER PADA KELUARGA PROFESI GURU DI TENGAH PANDEMI (Studi Kasus: Empat Keluarga Pasangan Guru Kalangan Menengah di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (359kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan, yang pertama mendeskripsikan latar belakang ketidakadilan gender yang dirasakan oleh empat keluarga profesi guru dari kalangan menengah di tengah pandemi Covid-19 di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang dan yang kedua mendeskripsikan bentuk ketidakadilan gender yang dirasakan oleh empat keluarga profesi guru dari kalangan menengah di tengah pandemi Covid-19 di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, dengan lokus di Kecamatan Larangan, Kota Tangerang. Teknik pengumpulan datanya dengan cara wawancara mendalam, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi. Penelitian berlangsung sejak Januari hingga Juli 2022, dengan jumlah informan 4 pasangan suami istri profesi guru, dan 1 koordinator wilayah UPT Pendidikan Kecamatan Larangan, Kota Tangerang untuk triangulasi data. Hasil temuan pada penelitian ini adalah ketidakadilan gender yang dialami subjek dilatarbelakangi oleh konstruksi sosial berdasarkan nilai-nilai agama, budaya, dan norma yang membentuk peran-peran gender pada bentuk praktik gender dalam rumah tangga informan-informan penelitian ini. Sementara bentuk ketidakadilan yang dialami oleh empat keluarga profesi guru dalam penelitian ini adalah berupa subordinasi yang dialami informan perempuan, beban ganda yang dialami informan perempuan, stereotip yang dialami oleh informan perempuan dan laki-laki, dan terakhir adalah kekerasan simbolik yang dialami oleh informan perempuan., bagi perempuan, mereka menjadi orang tua dengan beban ganda, karena walaupun aktif dalam peran produktif, peran-peran domestiknya di rumah tetap tidak berkurang. Namun yang menjadi temuan baru adalah ketidakadilan gender juga terjadi pada subjek laki-laki yang kurang keterlibatannya dalam peran domestik mereka terhadap kehidupan anak, sehingga mereka menjadi ayah yang tidak terlibat. Hal ini adalah dampak dari bentuk steretotip dalam ketidakadilan gender. Bentuk ketidakadilan gender yang dirasakan ini adalah bentuk kekerasan simbolik, yang bentuk kekerasannya sangat halus sehingga korbannya tidak menyadari bahwa mereka sedang menjadi korban kekerasan. Kekerasan simbolik yang dirasakan subjek adalah bentuk dari dominasi maskulin yang dihasilkan dari budaya patriarki, yang dilanggengkan dalam sosialisasi nilai-nilai agama, budaya, dan norma yang terkandung dalam konstruksi peran-peran gender dalam peran produktif, domestik, dan sosial. ***** This study has two purposes, the first to describe the background of gender injustice felt by four families of the teaching profession from the middle class in the midst of the Covid-19 pandemic in Larangan District, Tangerang City and the second to describe the form of gender injustice felt by four teaching profession families from middle class in the midst of the Covid-19 pandemic in Larangan District, Tangerang City. The research was conducted with a qualitative approach using the case study method, with the locus in Larangan District, Tangerang City. Data collection techniques are by doing in-depth interviews, observation, literature study and documentation. The research took place from January to July 2022, with the number of informants being 4 married couples who are teachers, and 1 regional coordinator of the UPT Pendidikan Larangan District, Tangerang City for data triangulation. The findings in this study are the gender inequality experienced by the subject is motivated by social construction based on religious values, culture, and norms that shape gender roles in the form of gender practice in the households of the informants of this study. While the forms of injustice experienced by the four families of the teaching profession in this study were in the form of subordination experienced by female informants, double burden experienced by female informants, stereotypes experienced by female and male informants, and finally symbolic violence experienced by female informants. For women, they become parents with a double burden, because even though they are active in productive roles, their domestic roles at home are not reduced. However, the new finding is that gender inequality also occurs in male subjects who are less involved in their domestic roles in children's lives, so that they become uninvolved fathers. This is the impact of stereotyped forms of gender inequality. This form of perceived gender injustice is a form of symbolic violence, whose forms of violence are so subtle that the victims do not realize that they are being victims of violence. The symbolic violence felt by the subject is a form of masculine domination resulting from patriarchal culture, which is perpetuated in the socialization of religious values, culture, and norms contained in the construction of gender roles in productive, domestic, and social roles.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Meila Riskia Fitri, S.Pd., M.A ; 2). Prima Yustitia Nurul Islami, S.KPm., M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Ilmu Sosial > Wanita,Pernikahan dan Keluarga
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 15820 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 05:50
Last Modified: 05 Sep 2022 05:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34784

Actions (login required)

View Item View Item