HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN MINAT BELAJAR PADA SISWA DI SMA NEGERI 99 JAKARTA TIMUR

IKA YUNIA STIAWATI, . (2010) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN KELUARGA DENGAN MINAT BELAJAR PADA SISWA DI SMA NEGERI 99 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara lingkungan keluarga dengan minat belajar siswa dan mengetahui seberapa erat hubungan antara lingkungan keluarga dengan minat belajar siswa pada SMA Negeri 99 Jakarta Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Analisis data lingkungan keluarga dengan minat belajar menggunakan persamaan regresi sederhana. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi linear sederhana Ŷ = 35,23 + 0,587X. Uji persyaratan analisis untuk menguji normalitas galat taksiran regresi Y atas X menunjukkan bahwa galat taksiran berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan oleh perhitungan yang menunjukkan bahwa Lhitung (0,048) < Ltabel (0,0845) dengan menggunakan uji liliefors pada taraf signifikan (α) = 0,05. Sedangkan uji linearitas regresi diperoleh Fhitung (1,407) < Ftabel (1,70). Hal ini membuktikan bahwa regresi tersebut linear. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (75,76) > Ftabel (3,91) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Sedangkan perhitungan koefisien korelasi yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment menghasilkan rxy sebesar 0,642. Hal ini membuktikan bahwa hubungan antara lingkungan keluarga dengan minat belajar mempunyai hubungan yang erat. Hasil uji signifikan menggunakan uji-t diperoleh thitung (8,70) > ttabel (1,66) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara lingkungan keluarga dengan minat belajar pada siswa di SMA Negeri 99 Jakarta Timur. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara lingkungan keluarga dengan minat belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan uji koefisien determinasi atau penentu yang diperoleh hasil 0,4123. Hal ini menunjukkan bahwa variasi variabel minat belajar siswa (Y) ditentukan oleh lingkungan keluarga (X) sebesar 41,23%. ***** This research aimed to determine whether there is a correlation between the family environment on Students’ learning interest at SMAN 99 Jakarta Timur. The method of research is survey method with correlation approach. The analysis data family environment with interest in learning used regression equation. The analysis test by finding regression equation, that is Ŷ = 35,23 + 0,587X. After that data normality test by using lilliefors formula and the result is Lcount = 0,048 in significant level 0,05 and Ltable = 0,0845, so Lcount < Ltable Mean that the mistake of prediction regression Y to X has normal distribution. While regression linearity test, Fcount (1,407) < Ftable (1,70), showing that regression is linear. For regression significance test and the result is, Fcount (75,76)> Ftable (3,91). Showing that, it has significance regression. While the result of product moment of correlations coefficient test, is rxy = 0,642 continued by using correlations coefficient significance test with t-test. Counting result is, tcount = 8,70 while ttable = 1,66 and so, tcount > ttable. It means that there are significance and positive correlation between the family environment on Students’ learning interest at SMAN 99 Jakarta Timur. Beside that, the result of determination coefficient test is 0,4123.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nurhalim Sabang, MM, M. Pd, ; 2). Dr. Saparuddin Mukhtar, M. Si
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:48
Last Modified: 07 Sep 2022 06:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34811

Actions (login required)

View Item View Item