Rianti Mandasari, . (2016) KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN TARI KREASI SISWA DI SMKN 40 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK DAN LAIN LAINNYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (387kB) |
|
Text
BAB I 21 JUNI 2016 kk.pdf Download (181kB) |
|
Text
BAB II REVISI kk.pdf Download (324kB) |
|
Text
BAB III REVISI kk.pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB IV REVISI kk.pdf Download (324kB) |
|
Text
BAB V REVISI kk.pdf Download (98kB) |
|
Text
COVER.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
jurnal RIANTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
lembar perbaikan.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
|
Text
lembar pernyataan.pdf Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang kreativitas dalam pembelajaran tari kreasi siswa di SMKN 40 Jakarta, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran seni tari di kelas, dan kreativitas gerak pada pembelajaran seni tari menjadi bentuk tari kreasi siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMKN 40 Jakarta Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan unit analisis pembelajaran tari kreasi dan kreativitas siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi pustaka, dan studi dokumen. Untuk memperoleh keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yang terdiri atas sumber, metode, penyidik, dan teori. Hasil data yang ada pada penelitian ini yaitu proses pembelajaran tari kreasi siswa di kelas, dan kreativitas dalam aspek originalitas, fluency, fleksibilitas, dan elaborasi. Originalitas pada siswa terlihat saat siswa mengemukakan ide berupa pendapat atau gerak dasar betawi yang akan dikembangkan. Fleksibilitas pada siswa terlilhat saat siswa dapat mewujudkan ide untuk memecahkan persoalan yaitu menciptakan tari kreasi. Siswa mencoba untuk mengembangkan gerak dasar tari betawi dan menyusunnya sedikit demi sedikit. Fluency terlihat pada saat siswa telah mengembangkan gerak dan menyusunnya kemudian menambahkan sesuatu yang lain yaitu level pada tari kreasi mereka agar telihat lebih bervariasi. Aspek terakhir adalah elaborasi, terlihat saat siswa mengemas tari kreasi merak dengan menambhakan musik pengiring yaitu musik betawi dan pola lantai agar telihat indah dan menarik. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa pembelajaran tari kreasi di sekolah menyesuaikan dengan kompetensi dasar 4.2 yang tertera pada kurikulum 2013, kreativitas siswa pada proses menciptakan tari kreasi di kelas, metode yang digunakan guru untuk pembelajaran seni tari yaitu metode demonstrasi, imitatif, tutor sebaya, diskusi, dll. dan evaluasi hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Dinny Devi Triana, M.Pd., ; 2). Dra. Rahmida Setiawati, M.M., |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 14 Feb 2020 10:21 |
Last Modified: | 14 Feb 2020 10:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3482 |
Actions (login required)
View Item |