Muhammad Nizar Ali, . (2022) PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL REVIT AUTODESK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH MENGGAMBAR TEKNIK II DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (724kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (309kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini diteliti oleh Muhammad Nizar Ali dengan judul ‘Pengaruh Penggunaan E-Modul Revit Autodesk Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Menggambar Teknik II di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta’. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-modul Revit Autodesk pada mata kuliah Menggambar Teknik II di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta yang dilihat melalu hasil belajar. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa angkatan 2018 yang telah menempuh Mata Kuliah Menggambar Teknik II pada semester 110 tahun akademik 2018/2019 di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret – Juli tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Posttest-Only Control Group Design. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sebagian dari populasi terjangkau penelitian. Jumlah dari populasi terjangkau tersebut adalah 70 mahasiswa, kemudian diambil sebesar 30 mahasiswa untuk dijadikan sampel, kemudian dibagi menjadi 2 (dua) kelompok kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen hasil tes belajar yang diberikan kepada kedua kelas tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil tes belajar mahasiswa untuk kelas eksperimen sebesar 80,60, sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan skor rata-rata sebesar 66,53. Kemudian, berdasarkan hasil uji T menggunakan independent sample t test pada signifikansi (2-tailed) sebesar 5% dengan derajat kebebasan 28, menghasilkan Thitung =2,276 dan Ttabel =2,048. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Thitung > Ttabel dengan analisis hipotesis H1 diterima dan H0 ditolak. Mempunyai arti bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil tes belajar, yang dibuktikan melalui rata-rata hasil tes belajar kelas yang diberikan treatment berupa penggunaan bahan ajar e-modul Revit Autodesk lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan treatment. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul Revit Autodesk dinyakatan berpengaruh dalam memberikan dampak positif terhadap hasil belajar mahasiswa. ***** This research was investigated by Muhammad Nizar Ali with the title 'The Influence of the Use of Autodesk Revit E-Modules on Student Learning Outcomes in the Engineering Drawing Course II in the Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, State University of Jakarta'. This study aims to determine the effect of using the Revit Autodesk e-module on the Engineering Drawing II course in the Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, State University of Jakarta which is seen through learning outcomes. This research was conducted on 2018/2019 students who have taken Engineering Drawing Course II in semester 110 of the 2018/2019 academic year at the Building Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering at the State University of Jakarta. The research was conducted from March – July 2022. The research method used in this study used a Quasi-Experimental Design with a descriptive quantitative approach. The research design used in this study is the Posttest-Only Control Group Design. The research sample used in this study uses a portion of the research affordable population. The number of the affordable population was 70 students, then 30 students were taken as samples, then divided into 2 (two) class groups, the experimental class, and the control class. Data collection was carried out using the learning test results given to the two classes. Based on the results of the study, showed that the average score of student learning test results for the experimental class was 80.60, while the control class got an average score of 66.53. Then, based on the results of the T-test using an independent sample t-test at a significance (2-tailed) of 5% with a degree of freedom of 28, resulting in a Tcount = 2.276 and T table = 2.048. Based on this, it can be concluded that Tcount > T table with hypothesis analysis H1 is accepted and H0 is rejected. It means that there is a difference in the average learning test results, as evidenced by the average learning test results for the class that was given treatment in the form of using Revit Autodesk e-module teaching materials which were higher than the control class that was not given treatment. So it can be concluded that the use of the Revit Autodesk e-module is said to have a positive impact on student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Anisah, M.T. ; 2). Drs. Arris Maulana, S.T., M.T. |
Subjects: | Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil Teknologi dan Ilmu Terapan > Konstruksi Bangunan Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Users 15999 not found. |
Date Deposited: | 11 Sep 2022 23:19 |
Last Modified: | 11 Sep 2022 23:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/34827 |
Actions (login required)
View Item |