STUDI KORELASI PEMAHAMAN JUMLAH FI’LIYAH DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN TERPIMPIN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU THARIQ BIN ZIYAD

Ridho Fadhilah, . (2016) STUDI KORELASI PEMAHAMAN JUMLAH FI’LIYAH DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN TERPIMPIN SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU THARIQ BIN ZIYAD. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Ridho 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA-IT Thariq Bin Ziyad semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan tujuan untuk mengetahui hubungan pemahaman jumlah fi’liyah dengan keterampilan menulis karangan siswa SMA-IT Thariq Bin Ziyad, waktu penelitian dimulai dari bulan April sampai Mei 2016. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswa SMA-IT Thariq Bin Ziyad, adapun sampel dari penelitian ini adalah siswa di kelas XI B dengan jumlah 30 siswa, teknik yang digunakan adalah metode kolerasi. Alat yang digunakan untuk memperoleh data berupa soal yang berjumlah 30 dengan pertanyaan - pertanyaan yang berkaitan dengan materi sekolah, bentuk soal pilihan ganda berjumlah 20 kemudian bentuk soal memahami kalimat berjumlah 5 dan soal keterampilan menulis berjumlah 5. Penulis telah menyelesaikan analisis dari berbagai alat pengujian, uji normalitas variable x = 0,121 dan variable y = 0,105 dan uji homogenitas = x2 hitung = (14,96) dan table homogenitas pada taraf signifikansi 0,05 (30,14). Titik awal x2 hitung = (14,96) < x2 tabel = (30,14). Maka hipotesis ditolak nol (Ho) dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Uji koefisiensi kolerasi Ŷ = -6,504 + 1,056x peneliti menemukan koefisiensi kolerasi (rxy) berjumlah 0,657 nilai uji t hitung 13,69 lebih besar dari t tabel dari taraf signifikansi (0,05) yaitu 2,75 dengan derajat kebebasan (dk) = 30 , dan dari tabel t pada taraf signifikansi (0,01) yaitu (2,45) dengan derajat kebebasan (dk) = 30. Berdasarkan hasil tes seperti yang dijelaskan dalam tabel maka hubungan pemahaman jumlah fi’liyah dengan keterampilan menulis karangan sangatlah signifikan. Oleh karena itu hipotesis penelitian ini mencerminkan adanya hubungan positif antara jumlah fi’liyah dengan keterampilan menulis karangan. Penelitian ini menggambarkan semakin meningkatnya pemahaman siswa terhadap jumlah fi’liyah maka meningkat juga keterampilan menulis karangannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ahmad Murodi M.A. ; 2). Drs.Romdani M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 14 Feb 2020 10:20
Last Modified: 14 Feb 2020 10:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3487

Actions (login required)

View Item View Item